Penerapan Metode Pembelajaran Learning Together untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA pada Siswa

Warniati Warniati

Abstract


Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan di kelas II-A SD Negeri 113 Pekanbaru pada semester genap tahun pembelajaran 2017/2018. Penelitian ini dimulai dari bulan Maret 2018 sampai dengan bulan April 2018. Subjek penelitian tindakan kelas ini dilakukan pada siswa kelas II-A SD Negeri 113 Pekanbaru. Jumlah siswa 32 orang, terdiri dari 15 orang putra dan 17 orang putri. Hasil penelitian ini adalah penerapan metode pembelajaran learning together dapat meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa kelas II-A SD Negeri 113 Pekanbaru tahun pelajaran 2017/2018. Hasil belajar sebelum PTK adalah 71.6 dengan ketuntasan individu 20 orang dan ketuntasan klasikal adalah 62.5%. Hasil belajar siklus I pertemuan 1 adalah 78.4 dengan ketuntasan individu 28 orang dan ketuntasan klasikal adalah 87.5%. Hasil belajar siklus I pertemuan 2 adalah 80.0 dengan ketuntasan individu 29 orang dan ketuntasan klasikal adalah 90.6%. Hasil belajar siklus II pertemuan 3 adalah 82.8 dengan ketuntasan individu 30 orang dan ketuntasan klasikal adalah 93.8%. Hasil belajar siklus II pertemuan 4 adalah 84.7 dengan ketuntasan individu 31 orang dan ketuntasan klasikal adalah 96.9%.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i2.6598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

   

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.