Penggunaan Media Peta Konsep Untuk Meningkatkan hasil Belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Kunto Darussalam tahun 2017

P Purnamawati

Abstract


Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan karena hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Kunto Darussalam masih tergolong rendah. Untuk mengatasi masalah ini adalah dengan Penggunaan Media Peta Konsep. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Kunto Darussalam dengan Penggunaan Media Peta Konsep. Metode penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari dua pertemuan dan empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan November 2017. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V tahun pelajaran 2016-2017 dengan jumlah siswa sebanyak 24 orang yang terbagi atas 13 orang laki-laki dan 11 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi, tes, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada sebelum tindakan siswa yang tuntas hanya 11 orang siswa atau 46%. Sedangkan pada siklus I meningkat menjadi 16 orang siswa atau 66%. Pada siklus II meningkat lagi hingga mencapai 22 orang siswa atau dengan persentase 92%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan Penggunaan Media Peta Konsep dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa Kelas V Sekolah Dasar Negeri 007 Kunto Darussalam.


Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2009. Cooperative Learning : Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yagyakarta: Pustaka Pelajar

Anas Sudijono. 2004. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Bambang Warsita. 2008. Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Depag. 2005. al-Qur`an dan Terjemahnya. Bandung: Diponegoro

Dimyati dan Mudjiono. 2002. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta

Eva Susanti. 2011. Penerapan Model Pembalajaran Cooperative Tipe Quick on The Draw untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Pada Materi Pecahan Siswa Kelas III MI Muhammadiyah Simpang Kubu. Pekanbaru: UIN Suska

Hamzah B. Uno. 2011. Model Pembelajaran, Jakarta. Bumi Aksara

Hisyam Zaini,dkk. 2007. Strategi Pembelajaran Aktif. CTSD, Edisi Revisi. Yogyakarta.

Nana Sudjana. 2009. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i2.6148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

   

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.