UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MATODE MEMBACA NYARING PADA SISWA KELAS III DI SDN 008 KUALA ENOK

Rosita Rosita

Abstract


Kemampuan membaca merupakan dasar untuk menguasai berbagai bidang studi. Namun, pada kenyataannya kemampuan membaca di Indonesia masih tergolong rendah dan memerlukan suatu upaya untuk mengatasi permasalahan tersebut.  Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan membaca siswa dengan menggunakan metode membaca nyaring. Desain penelitian ini menggunakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.  Penelitian ini dilakukan sebanyak 3 siklus.  Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III di SD 008 Kuala Enok. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi, observasi, dan tes.   Teknik analisis data yang digunakan yaitu deksriptif  kualitatif dan deskriptif  kuantitatif.  Hasil penelitian secara umum menujukkan bahwa metode membaca nyaring dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa kelas III di SD 008 Kuala Enok. Sedangkan secara khusus hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan nilai kemampuan membaca siswa pada setiap siklusnya, (1) pada pra siklus hanya 25% siswa, (2) pada siklus 1 meningkat menjadi 43% siswa, (3) pada siklus 2 meningkat lagi menjadi 71% siswa, (4) dan pada siklus 3 hampir seluruh siswa memiliki kemampuan membaca yaitu ada 86% siswa.

References


Abdurrahman, M. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Basuki, A.I. 2011.”Profil Pembelajaran membaca Pemahaman di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar. 20(2): 77-85

Dalman. 2014. Keterampilan Membaca. Jakarta: Rajawali Pers

Kompas.com. 2009. Kemampuan Membaca Anak Indonesia Masih Rendah. (Online). https://edukasi.kompas.com/read/2009/10/28/21513448/kemam puan.membaca.anak.indoesia.masih.rendah#page1

Natha, K. 2006. Reading Diffiulties and Social Problems. (Online). http://www.ir.canterbury.ac.nz/bitstream/handle/10092/1339/thesis_fulltext.pdf. Diakses pada tanggal 10 Januari 2017.

Rahim. D. 2011. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Saddhono, K., & Slamet, S.Y. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia. Bandung: Karya Putra Darwati.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i2.5893

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

 

Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id