ANALISIS KETERKAITAN ANTAR KOMPONEN DALAM RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR KOTA SUMEDANG

Poppy Anggraeni

Abstract


Perencanaan pembelajaran memiliki peranan yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Perencanaan pembelajaran terutama Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) merupakan rencana kegiatan yang dibuat oleh guru sebagai pedoman dalam proses pembelajaran. RPP ini di dalamnya terdiri dari berbagagai komponen yang harus memiliki keterkaitan dan keterpaduan satu sama lain sesuai dengan prinsip penyususnan RPP, yang meliputi tujuan pembelajaran, materi, metode/model/pendekatan/strategi, sumber belajar/ media, proses/kegiatan, alokasi waktu, dan evaluasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis serta mendeskripsikan mengenai sejauh mana keterkaitan komponen - komponen dalam RPP yang digunakan pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar di Kota Sumedang, yang meliputi Kecamatan Sumedang Utara dan Kecamatan Sumedang Selatan.

Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode deskriptif. pemilihan sampel dari populasi yang ada menggunakan teknik random sampling, sehingga diperoleh sebanyak 23 sekolah sebagai bahan penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterkaitan setiap komponen dalam RPP yang digunakan pada proses pembelajaran di Sekolah Dasar Kota Sumedang berada pada kategori tinggi, dimana setiap komponen RPP sudah disusun dengan baik sesuai dengan indikator keterkaitan setiap komponen. Demikian halnya dengan tingkat keterkaitan antar komponen dalam RPP yang memiliki kategori tinggi, dimana setiap komponen mulai dari tujuan pembelajaran, materi, metode/model/pendekatan/strategi, sumber belajar/ media, proses/kegiatan, alokasi waktu, dan evaluasi pembelajaran telah saling terkait satu dengan yang lainnya.


Full Text:

PDF

References


Febriyanti. A. L. (2014). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Teks Hasil Observasi Dalam Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 1 Genteng Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Universitas Jember. Tidak diterbitkan.

Isman, A. (2011). Instructional Design in Education : New Model. The Turkish Online Jurnal of Educational Technology. January-Vol 10 Issue 1.136-142. http://tojet.net/articles/v10i1/10114

Isman, et all (2003).Effects of Instructional Design on Learning. International Journal of Computational Intelligence. Vol 1 N1. 1-15. https://eric.ed.gov/?id=ED496571

Lubis, Djulia dan Hasruddin. (2017). Analisis Komponen RPP Guru Biologi di SMA Negeri Se-Kabupaten Mandailingnatal. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 6, No. 3, 367-370.

Permendikbud No 81A .(2013). Tentang Implementasi Kurikulum. Jakarta : Kemendikbud.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum Dan Pembelajaran Teori Praktik Pengembangan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Predana Media Grup.

Ridwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sukirman, D. dan Jumhana, N. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Bandung: UPI Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5069

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam NegeriĀ  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id