UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR PAI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VA SDN 001 PULAU DI KECAMATAN BANGKINANG KABUPATEN KAMPAR

H. Hamidi, Ellya Roza

Abstract


Latar belakang penelitian ini dilakukan karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru dengan metode konvensionalnya seperti ceramah dan mengerjakan soal yang mengakibatkan siswa tidak termotivasi, kurang semangat dan tidak aktif bertanya dalam kelas ketika penyampaian materi pembelajaran dilakukan. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V A SDN 001 Pulau dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V A SDN 001 Pulau yang berjumlah 25 orang terdiri dari siswa laki–laki 11 orang dan siswa perempuan 14 orang. Alat ukur yang dipakai adalah aktivitas guru, aktivitas siswa, hasil belajar, serta ketuntasan belajar. Rata–rata aktivitas guru pada siklus pertama adalah 70,92% (baik). Pada siklus kedua adalah 77,92 % (baik). Pada siklus ketiga adalah 79,48 % (baik). Rata–rata hasil belajar pada siklus pertama adalah 56,92 % (cukup). Pada siklus kedua adalah 73,84 % (baik). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa belajar dengan model pembelajaran kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PAI pada siswa kelas V A SDN 001 Pulau. Bagi guru yang selama ini masih menggunakan metode pembelajaran dengan verbal (ceramah), agar dapat mengganti dengan model pembelajaran yang lain yang lebih variatif seperti model pembelajaran kooperatif Tipe STAD. Dengan model pembelajaran yang baru siswa akan lebih aktif dan bersemangat dalam belajar.

 


Full Text:

PDF

References


Depdikbud. 1994. Kurikulum Pendidikan Dasar. Jakarta

Dimyati dan Mujiono, 2003. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rinela Cipta.

Diarti Agus dan Rosmaini, 2006. Pembelajaran Kooperatif, Jakarta: Rineke Cipta.

Etin Solihatin. 2008. Cooperatif Learning. Jakarta: Bumi Aksara.

Gimin. Dkk. 2004. Pedoman Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa. FKIP UNRI. Pekanbaru: FKIP.

Hasbullah. 1999. Kapita Selekta Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

H. M. Surya, dkk. 2007. Kapita Selekta Kependidikan SD. Jakarta: Universitas Terbuka (UT).

Isjoni. 2004. Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

-------. 2007. Pembelajaran Visioner. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Mustafa dan Mukhyar Bukhari. 2006. Strategi Pembelajaran. Pekanbaru: Cendikia Isnaini.

Muhibbin Syah. 1996. Psikologi Pendidikan. Bandung: Rosda Karya.

Nana Sudjana. 2010. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru.

Oemar Hamalik. 2004. Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Sudirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Raja Gravindo Persada.

Suhermi. 2002. Model Pembelajaran Kooperatif. Tim Pengembang model pembelajaran kooperatif FKIP UNRI, Pekanbaru: FKIP.

Sumarno. 2007. Karya Ilmiah Praktis untuk Guru Profesional. Pekanbaru: Cendekiawan Insani.

_________.2008. Pelaksanaan Tindakan Pengumpulan data, dan pelaporan Hasil PTK. Pekanbaru:UNRI.

Slameto. 2003. Belajar dan faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineke Cipta.

Suprayekti. 2004. Interaksi Belajar Mengajar. Jakarta: Dekdiknas RI.

Tim Penyusun.1991. Petunjuk Pelaksanaan Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Dekdikbud Dirjen Pendidikan Dasar dan menengah Umum.

Tim Penyusun, 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Pusat Bahasa Indonesia.

Vredenbergt, J. T.t. Metode dan Teknik Penelitian, Edisi ke-6 Jakarta: Gramedia.

Wina Sanjaya. 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5060

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.