PENERAPKAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES UNTUK MENINGKATKAN HASIL BALAJAR IPA SISWA KELAS IV SD NEGERI 177 PEKANBARU

desi mulyati, ayu purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan pendekatan keterampilan proses pada siswa Kelas IV SDN 177 Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2017 dengan jumlah siswa 25 orang, 13 orang siswa laki-laki, dan 12 orang siswa perempuan. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Parameter yang diukur adalah, hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar butir soal dan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Hasil observasi siklus I menunjukkan aktivitas guru sudah cukup baik Persentase aktivitas guru dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 yaitu 57.5% dengan kategori kurang dan pertemuan ke 2 yaitu 67.5% dengan cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan pertemuan 1 yaitu 77,5% dengan kategori baik dan pertemuan 2 yaitu 87.5% dengan kategori amat baik. Persentase aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 yaitu 55.87% dengan kategori kurang dan pertemuan ke 2 yaitu 64.12% dengan cukup. Pada siklus II mengalami peningkatan pertemuan 1 yaitu 77.12% dengan kategori baik dan pertemuan 2 yaitu 84.25% dengan kategori amat baik. Berdasarkan hasil analisis data dari pembahasan, nilai rata-rata hasil belajar siswa sebelum penerapan pendekatan keterampilan proses adalah 57.20% kemudian meningkat menjadi 71% pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 77.80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan pendekatan keterampilan proses dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas IV SDN 177 Pekanbaru.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2002). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Bundu, Patta. (1990). Penilaian keterampilan proses dan sikap ilmiah dalam pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas.

Dimyanti. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Depdikbud.

Oemar, Hamalik. 2007. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

KTPS. (2006). Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar Tingkat SD/MI. Depdiknas.

Purwanto, Ngalim. (2007). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Semiawan, dkk. (1985). Pendekatan Keterampilan Proses Bagaimana Siswa dalam Belajar. Jakarta: Gramedia.

Sudjana, Nana. (1989). Penilaian Hasil Proses belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosda Karya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5056

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam NegeriĀ  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id