PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SDIT RAUDHATURRAHMAH PEKANBARU

ayu purnamasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa melalui model pembelajaran inkuiri terbimbing pada siswa Kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru Tahun Pelajaran 2017/2018. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai bulan April 2018. Dengan jumlah siswa 30 orang, 14 orang siswa laki-laki, dan 16 orang siswa perempuan. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Parameter yang diukur adalah, hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan aktivitas guru. Sedangkan instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar butir soal dan lembar observasi aktivitas siswa dan aktivitas guru. Hasil observasi siklus I pertemuan pertama menunjukkan aktivitas guru sudah cukup (55%),  pertemuan kedua (65%) kategori baik dan pemuan ketiga baik sekali (85%). Untuk siklus II observasi aktivitas guru meningkat dengan kategori amat baik sekali (85%) dan sesuai dengan perencanaan, untuk aktivitas siswa juga meningkat dengan kategori baik sekali (95%). Persentase aktivitas siswa dalam melaksanakan pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 yaitu 50% kategori cukup dan pertemuan ke 2 yaitu 60% kategori cukup, dan pertemuan tiga 85% kategori baik sekali. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1 yaitu 85% kategori baik sekali dan pertemuan ke 2 siklus II 95% kategori baik sekali. Berdasarkan hasil analisis data dari pembahasan, nilai rata-rata skor dasar siswa sebelum penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing adalah 59.83 kemudian meningkat menjadi 72,17 pada siklus I dan mengalami peningkatan kembali pada siklus II menjadi 80,17. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa Kelas V SDIT Raudhaturrahmah Pekanbaru.


Full Text:

PDF

References


Arikunto. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Mulyasa. (2003). Macam-macam metode pembelajaran. Martinibgsih_[online]. Tersedia: http://www./metode eksperimen/macam-macam metode pembelajaran.html.

National Research Council. 2000. Inquiry and The National Secience Education Standars: A Guide for Teaching and learning. Wahington, DC: National Academy Press. Tersedia: http://books.nap.edu/html/inquiryaddendum/ notice.html.

Purwanto, M. N. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Ridwan. (2008). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Trianto. (2009). Mendisain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Surabaya : Kencana.

Wahidin. (2006). Metode Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Bandung: Sangga Buana.

Zainal, Aqip dkk. (2007). Penelitian Tindakan Kelas (PTK) untuk Guru SMP,SMA, SMK. Bandung: CV Yrama Widya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5055

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id