PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPS (MASALAH SOSIAL) DENGAN PENERAPAN METODE DISKUSI DENGAN TINDAKAN REFLEKTIF

Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang bertujuan untuk peningkatan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial pada siswa kelas IV SDN 012 Bukit Raya Kec. Tenayan Raya Pekanbaru  melalui penerapan metode diskusi dengan tindakan reflektif. Subjek penelitian  adalah  guru dan siswa kelas IV SD Negeri 012 Bukit Raya Kec. Tenayan Raya Pekanbaru. Metode diskusi dengan tindakan reflektif adalah paduan metode diskusi dengan pembelajaran reflektif, adapun metode diskusi adalah suatu cara atau proses penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada para siswa (kelompok-kelompok siswa) untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan  atau penyusun berbagai alternatif pemecahan atas suatu masalah, sedangkan pembelajaran reflektif merupakan bagian dari lima system pembelajaran primer yaitu emosional, sosial, kognitif, fisik dan reflektif. Reflektif adalah respon terhadap kejadian, aktivitas atau pengetahuan yang baru diterima atau cara berfikir tentang apa yang baru dipelajari, berfikir kebelakang tentang apa yang sudah dipelajari dan dilakukan masa lalu.Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan, hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan bahwa dari 39 siswa sebanyak 23 orang siswa (58%) mencapai KKM dan pada siklus II meningkat menjadi 38 orang siswa (97%), sehingga dapat disimpulkan  bahwa pembelajaran  dengan penerapan metode diskusi dengan tindakan reflektif mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok pembahasan masalah sosial.


Full Text:

PDF

References


Djahiri, A. Kosasih. Pendekatan dan Tehnik Pengembangan Materi dan Program Pengajaran IPS.Jakarta: P3G Dep. P dan K. 1988.

Wahab Aziz, Abdul. Metode dan Model-model Mengajar IPS. Bandung: Alfabeta. 2008.

Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: PT.Grafindo Persada. 2008.

B.Suryosubroto. Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

K.Given, Barbara. Brain-Based Teaching. Bandung: PT. Mizan Pustaka. 2007.

Pendidikan Nasional, Departemen. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka. 2007.

Dimyati, Mudjiono. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka cipta. 2009.

Etin Solihati, Raharjo. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta:Bumi Aksara. 2008.

Wena, Made. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Aziz, Maleha. Strategi Belajar Mengajar Sejarah. Pekanbaru: UNRI Press. 2005.

Muslich, Masnur. Melaksanakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas) itu mudah, Jakarta: Bumi Aksara. 2009.

Mas Aboe Dhari. Milon Rianta. Metodologi Pembelajaran. 1994.

Purwanto, M. Ngalim. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2005.

L. Silbermen, Melvin. Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa. 2006.

Arifin, Muzayyin. Filsafat Pendidikan Islam (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara. 2005.

Sudjana, Nana. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Grasendo. 2008.

Sudjana, Nana, Penilaian Hasil Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2008.

Fatmawati, A.ma.Pd Rekapitulasi Nilai Semester Ganjil. Pekanbaru: SDN. 012 Bukit Raya 2008

Erni, Sukma. Implementasi Strategi Pembelajaran Inkuiri Dalam mata Pelajaran IPS SD Kurukulum KTSP. Pekanbaru; LPP UIN SUSKA Riau. 2008 .

Sumiati, Asra, Metode Pembelajaran, Bandung: CV.Wacana Prima. 2007.

Syaiful Bahri Djamarah, Aswan Zain. Strategi Belajar Mengajar . Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Sagala, Syaiful .Konsep dan Makna Pembelajaran, Bandung:Alfabeta. 2010.

Tim, Pedoman Pengembangan Instrumen dan Penilaian Ranah Psikomotor, Jakarta:Depdiknas Dirjen Diknasmen. 2004.

Tim Pelatih Proyek PGSM, Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Guru Sekolah Menengah, Jakarta:1999.

Tim Pembelajaran Contekstual. Jakarta, Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Direktorat PLP

Sanjaya, Wina .Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana. 2009.

Aqib, Zainal. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Cet.IV. Bandung: Yrama Widya. 2008.

Zukmawarni. Meningkatkan Aktifitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di Kelas V SDN 001 Pujud Kabupaten Rokan Hilir melalui penerapan Metode Diskusi Reflektif.Skripsi UNRI: Pekanbaru. 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5054

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id