PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOORPERATIF TIPE THINK PAIR AND SHARE (TPS) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA KELAS IV SDN 014 SIMPANG TETAP DARUL IHSAN DUMAI TAHUN AJARAN 2016/2017

Mardiyah Hayati

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran yang digunakan oleh guru masih monoton sehingga hasil belajarnya masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Belajar) yang telah ditetapkan yaitu 80. Permasalahan yang diungkap dalam penelitian ini adalah apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar PAI siswa kelas 1V.C SD Negeri 014 Simpang Tetap Darul Ihsan Dumai Tahun Ajaran 2016/2017. Bentuk penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam dua siklus dan setiap siklus dua kali pertemuan. Subjek penelitian ini berjumlah 25 orang siswa. Data awal dari penelitian ini adalah materi pembelajaran sebelum tindakan dengan hasil siswa yang mencapai nilai ketuntasan berjumlah 7 orang atau 28%meningkat pada siklus I sebanyak 14 orang atau 56%. Pada siklus II juga terjadi peningkatan yaitu sebanyak 23 orang atau 92%. Dari penelitian ini juga diperoleh informasi bahwa siswa akan semakin aktif dalam pembelajaran. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I aktivotas siswa memperoleh 71,11% dengan kategori baik dan rata-rata siklus II menjadi 94,45% dengan kategori baik sekali. Aktivitas guru juga semakin baik, pada pertemuan pertama siklus I jumlah skor aktivitas guru adalah 49(65,33%) meningkat menjadi 58 (77,33%) pada pertemuan kedua. Kemudian meningkat lagi menjadi 67 (89,33%)  pada siklus II pertemuan pertama dan terakhir 75 (100%)  pada pertemuan kedua Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa, dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, aktivitas mengajar guru dan meningkatkan hasil belajar PAI siswa.

Full Text:

PDF

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dimiyanti, Mujiono (2006). Belajar dan Pembelajaran, Rineka Cipta, Jakarta

Djamarah (2006), Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru,Usaha Nasional, Surabaya.

Hamzah Upu, 2003. Problem Posing dan Problem Solving dalam Pembelajaran Matematika. (Bandung: Pustaka Ramadhan, 2003)

Fajar, A. (2009). Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Hadari Nawawi. (2007). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.

Hamdani. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Bandung. Pustaka Setia

Hisyam, Zaini. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta. Pustaka Insan Madani.

Nana Sudjana. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nursid Sumaatmadja. (2007). Konsep Dasar IPS. Jakarta: Universitas Terbuka.

Roestyah. 1989. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta. Bina Aksara.

Silberman, Melvin L. (2009). Active Learning. Bandung: Nusamedia.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Trianto. (2010). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: PT Bumi Aksara.

Warsono & Haryanto. (2012). Pembelajaran Aktif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wiggins, Grant & McTighe, Jay. (2012). Pengajaran Pemahaman Melalui Desain. Jakarta: Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v1i1.5025

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Dipublikasikan oleh:

Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id