Gambaran Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Kota Padang (Studi Kasus Siswa di Sekolah Akreditasi A)

Safrizal Safrizal

Abstract


Literasi sains menjadi salah satu kemampuan abad 21 yang dibutuhkan di era reformasi industry 4.0. Pentingnya kemampuan literasi sains dipercaya langkah tepat dalam mempersiapkan berbagai persaingan global yang saat ini mulai masuk ke Indonesia. Namun, kemampuan ini masih menjadi hal yang sangat membutuhkan perhatian karena kemampuan rata-rata siswa Indonesa terkait dengan literasi sains masih berada di bawah rata-rata yang ditetapkan oleh PISA. Tujuan penelitian ini menitik beratkan pada gambaran kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar di sekolah dengan Akreditasi A pada aspek konten, konteks dan sikap. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif guna menggambarkan secara keseluruhan kemampuan literasi sains dari tiga aspek yang diukur berdasarkan angket dan lembar observasi. Pemilihan sampel penelitian dilakukan dengan teknik . Sampel penelitian ini adalah Siswa Kelas V SD Negeri yang terakreditasi A. Untuk mengetahui gambaran kemampuan literasi sains, peneliti menggunakan angket untuk menguji konteks dan konten, serta lembar observasi untuk melihat aspek sikap. Analisis data dilakukan dengan rumus statistic deskriptif serta norma kategorisasi. Hasil penelitian diperoleh Kemampuan literasi sains pada aspek kontek berada pada kategori cukup dengan persenteasi 52%. Gambaran kemampuan literasi sains apada aspek konten berada pada kategori jarang Nampak, berdasarkan hasil dari lembar observasi yang diberikan. Selanjutnya kemampuan literasi sains pada aspek sikap menunjukkan persentasi 68%. Rendahnya kemampuan aspek konten diyakini karena sekolah dengan Akreditasi A memiliki keketatan terkait kemampuan kognisi, namun belum maksimal pada kemampuan konten yang merujuk pada keyakinan siswa dalam melaksanakan prinsip IPA dalam memecahkan permasalahan sehari-hari.

 

Kata kunci: Literasi sains, Siswa Sekolah Dasar, Aspek Konten, Aspek Konteks, Aspek Sikap.


Full Text:

PDF

References


Aberšek, M. K., Dolenc, K., Flogie, A., & Koritnik, A. (2015). New natural science literacies of online research and comprehension: To teach or not to teach. Journal of Baltic Science Education, 14(4), 460–473.

Anastasiadou, S. (2013). What Makes Students Perform in PISA ? Science Teachers ’ Beliefs. 3(1), 80–99.

Blackwell, J., & Martin, J. (2019). A Scientific Approach to Scientific Writing. In Springer (Vol. 53, Issue 9). https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Bond, D. (1989). In pursuit of chemical literacy: A place for chemical reactions. Journal of Chemical Education, 66(2), 157–160. https://doi.org/10.1021/ed066p157

DeBoer, G. E. (2000). Scientific literacy: Another look at its historical and contemporary meanings and its relationship to science education reform. Journal of Research in Science Teaching, 37(6), 582–601. https://doi.org/10.1002/1098-2736(200008)37:6<582::AID-TEA5>3.0.CO;2-L

Foster, J., & Shiel-Rolle, N. (2011). Building scientific literacy through summer science camps: a strategy for design, implementation and assessment. Science Education International, 22(2), 85–98. http://www.icaseonline.net/sei/june2011/p1.pdf

Frydenberg, M., & Andone, D. (2011). Learning for 21 st Century Skills. International Conference on Information Society, i-Society 2011, 314–318. https://doi.org/10.1109/i-society18435.2011.5978460

Gayford, C. G., & Saveland, R. N. (1978). Handbook of Environmental Education. In British Journal of Educational Studies (Vol. 26, Issue 1). https://doi.org/10.2307/3120486

Holbrook, J., & Rannikmae, M. (2009). The meaning of scientific literacy. International Journal of Environmental and Science Education, 4(3), 275–288.

Knain, E. (2015). Scientific Literacy for Participation. In Scientific Literacy for Participation. https://doi.org/10.1007/978-94-6209-896-1

Laius, A. & M. R. (2014). Longitudinal Teacher Training Impact on Students ’ Attributes of Scientific Literacy. International Journal of Humanities and Social Science, 4(6), 63–72. http://www.ijhssnet.com/journals/Vol_4_No_6_1_April_2014/5.pdf

Liu, X. (2009). Beyond science literacy: Science and the public. International Journal of Environmental and Science Education, 4(3), 301–311.

Majid, Abdul & Andayani, D. (2004). Pendidikan Agama Islam Berbasis Kompetensi. Remaja Rosyda Karya.

Mohapatra, A. K. (2013). Exploring Perspectives of Scientific Literacy: An Overview. Cognitive Discourses International Multidisicplinary Journal, 1(1), 79–88.

Norris, S. P., & Phillips, L. M. (2003). How Literacy in Its Fundamental Sense Is Central to Scientific Literacy. Science Education, 87(2), 224–240. https://doi.org/10.1002/sce.10066

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., & Ismawati, R. (2018). Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran Ipa Smp Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(1), 24–29. https://doi.org/10.31002/nse.v1i1.173

Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., Ismawati, R., Aberšek, M. K., Dolenc, K., Flogie, A., Koritnik, A., Bond, D., DeBoer, G. E., Frydenberg, M., Andone, D., Journal, I., Vol, S. S., Utami, B., Saputro, S., Ashadi, Masykuri, M., Dolenc, K., Aberšek, B., … Aminah, N. S. (2015). Pembelajaran IPA Abad 21 dengan Literasi Sains Siswa. Journal of Baltic Science Education, 4(1), 460–473. https://doi.org/10.1002/sce.10066

Safrizal, S. (2019). Adiwiyata; Model of Building Science Literacy of Basic School Students in 21St Century. PROCEEDING IAIN Batusangkar, Query date: 2020-08-14 14:24:03, 277–282. http://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index.php/proceedings/article/view/1319

Safrizal, Safrizal, Zaroha, L., & Yulia, R. (2020). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sekolah Dasar di Sekolah Adiwiyata (Studi Deksriptif di SD Adiwiyata X Kota Padang). Journal of Natural Science and Integration, 3(2), 215. https://doi.org/10.24014/jnsi.v3i2.9987

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susilastri, S. D., & Rustaman, N. Y. (2015). Students’environmental Literacy Profile in School-Based Nature and in School that Implement the Adiwiyata Program. 263–266.

Widayati, J. R., Safrina, R., & Supriyati, Y. (2020). Analisis Pengembangan Literasi Sains Anak Usia Dini melalui Alat Permainan Edukatif. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 654. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.692

Wilson, R. (2007). Nature and young children: Encouraging creative play and learning in natural environments. In Nature and Young Children: Encouraging Creative Play and Learning in Natural Environments. https://doi.org/10.4324/9780203940723

Windyariani, S. (2018). Kemampuan Literasi Sains Siswa Sd Pada Konteks Melestarikan Capung. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1), 17–21. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-1.3

Yuenyong, C., & Narjaikaew, P. (2009). Scientific literacy and thailand science education. International Journal of Environmental and Science Education, 4(3), 335–349.

Yuliati, Y. (2017). Literasi Sains Dalam Pembelajaran Ipa. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28. https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.592

Yusuf, A. M. (2005). Metodologi Penelitian. UNP Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.