Model-Model Pembelajaran dalam Rumpun IPA Di Sekolah Dasar

Rosdiana Dewi

Abstract


Penelitian ini berisi kajian literatur model model pembelajaran yang berkaitan dalam rumpun IPA di SD. Ada 10 model model-model pembelajaran yang dapat digunakan yaitu: 1)Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intelectual (SAVI), 2)Model Pembelajaran Kontekstual, 3)Model Pembelajaran Kolaboratif, 4)Model Pembelajaran Kooperatif, 5)Model Pembelajaran Quantum Teaching, 6)Model Pembelajaran Tematik, 7)Model Pembelajaran Konstruktivisme, 8)Model pembelajaran berbasis pengalaman (Experiential Learning), 9)Model pembelajaran siklus belajar (Learning Cycle), dan 10)Model pembelajaran mind mapping. Metode yang digunakan dalam penulisan  artikel ini adalah literature review.Yaitu sebuah  pencarian literatur baik internasional maupun nasional yang dilakukan dengan menggunakan jurnal terkait yang terdiri dari jurnal nasional dan jurnal internasional serta artikel artikel yang berkaitan dengan penelitian ini. Setelah membandingkan 10 model tersebut, penulis mengambil kesimpulan yang paling tepat digunakan adalah model pembelajaran kontekstual karena . Penerapan model kontekstual menggunakan 7 komponen atau asas pokok dalam kontekstual yaitu konstruktivisme (constructivism), inkuiri (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), pemodelan (modeling),refleksi (reflection) dan penilaian sebenarnya (authentic assessment). Dengan demikian pengetahuan yang didapat siswa adalah hasil temuannya sendiri sehingga akan selalu di ingat oleh siswa, lebih mudah dipahami, dan lebih bermakna bagi siswa. Selain itu juga sesuai dengan pendekatan dan model pembelajaran yang di gunakan dalam K 13 .


References


Anderson, D.W., Vault, V.D. & Dickson, C.E. 1999. Problems and Prospects for the Decades Ahead: Competency Based Teacher Education. Andianis Triwiratih . Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa di Sekolah Dasar . Jpgsd. 2014: 02 (02) hlm 1-14

Astuti Nurhasanah. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Experiential Learning dalam Pembelajaran Ipa di Kelas V MIS Ma’arif Kauman . Skripsi Tahun 21013 Universitas Tanjung Pura: Pontianak

Chusnul Nurroeni. Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA. Journal Of Elementary Education. 2013: 2(1)hlm 54-60

Dimas Qondias, Dkk. Pengembangan Media Pembelajaran Tematik Berbasis Mind Maping SD Kabupaten Ngada Flores. 2013, P-Issn: 2303-288x E-Issn:2541-7207 Vol. 5, No. 2, Hlm. 176-182.

Fauzatul Ma’rufah Rohmanurmeta. Peningkatan Motivasi Belajar IPA melalui Metode Pembelajaran Quantum Teaching Bagi Siswa Kelas IV. Premiere Educandum, 2015: Volume 5 Nomor 2,hlm 253 – 262.

Ferdinandus Bele Sole, Insih Wilujeng. Pengaruh Implementasi The 4-E Learning Cycle Terhadap Pengetahuan, Keterampilan Proses Dasar, dan Sikap Ilmiah IPA Siswa Sdk Kererobbo. Jurnal Prima Edukasia. 2013:2 (1) hlm 43-39

Hilda Mardiana, Dkk. Pengembangan Desain Pembelajaran IPA Berbasis Konstruktivisme Tentang Gaya Magnet. S1 Pgsd Upi Tasikmalaya.

Ketut Susiani,Dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Quantum Terhadap Kecerdasan Sosio-Emosional Dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas V SD Di Banyuning. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Dasar 2013: 3

Komang Juli Astini, Dkk. Pengaruh Pembelajaran Kontekstual Berbasis Lingkungan Sebagai Sumber Belajar Terhadap Hasil Belajar Ipa Kelas IV SD. E-Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pgsd. 2015: 3 (1)

Md.Mei Yudiari,Dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Saviberbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ipasiswa Kelas V. E-Journal Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pgsd. 2015: 3(1)

M. Saleh Fathul , Jannah. Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Melalui Pembelajaran Kontekstual Tipe Experiential Learning Model di Kelas V SDN 2 Telang Kabupaten Hulu Sungai Tengah. Jurnal Paradigma, 2015: 8(1) hlm 41-46

Marhamah, Dkk. Pengaruh Model Pembelajaran Kolaboratif Berbasis Lesson Study Learning Community (Lslc). Jurnal Ilmiah Mahasiswa (Jim) Pendidikan Fisika. 2017:2(3) hlm 277-282

Mijahamuddin Alwi. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Inovatif Berbasis Kontekstual Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Educatio. 2013:8(2) hlm 69-80

Miftahus Shibyan, Implementasi Model Experiential Learning Dalam Pembelajaran IPA Materi Energi Dan Perubahannya Siswa Kelas IV MI Mijen Semarang, Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang, Tahun 2015

Naniek Kusumawati. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V Dengan Model Pembelajaran Savi Pada Mata Pelajaran Ipa Di Sdn Mangkujayan I Kabupaten Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara. 2018:3(2) hlm 217-224

Ni Wy Budi Santika Dewi,Dkk. Model Tematik Bernuansa Kearifan Lokal Berbantuan Media Animasi Berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iii Sd Negeri Gugus Kapten Japa. Jurnal Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pgsd (Vol: 2 No: 1 Tahun 2014)

Ni Made Sukirtayanti Ari Putri. Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Berbasis Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Siswa Kelas Iv Sd Gugus I Kecamatan Kuta. E- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar (Volume 5 Tahun 2015)

Noor Murdhiyah Dan Suryanti. Penggunaan Siklus Belajar 5e Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jpgsd. 2014:02(02) : hlm 1-10

Nunung Dwi Setiyorini. Pembelajaran Kontekstual Ipa Melalui Outdoor Learning Di Sd Alam Ar-Ridho Semarang. Al-Mudarris journal feducation. ISSN: 2620-5831, EISSN: 2620-4355. Hlm 30-38

Putu Citra Arni Kusumaningrum. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (Tgt) Terhadap Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas V Gugus Xv Kecamatan Buleleng Tahun Ajaran 2013/2014. E-Journal Mimbar Pgsd Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pgsd. 2014:(1)

Rani Octavia Khoerunnisa, Makalah Model Siklus Belajar, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Pendidikan Dasar Dan Menengah, Universitas Majalengka Tahun 2015

Rizkia Hilmi Utami , Keefektifan Penggunaan Model Mind Mapping Materi Sumber Daya Alam Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri 03 Majalangu Watukumpul Kabupaten Pemalang, Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, Tahun 2013.

Sabar Nurohman. Peningkatan Thinking Skills Melalui Pembelajaran Ipa Berbasis Konstruktivisme di Sekolah Alam. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. 2008:2(2) Hlm

Umar Baki. Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Ipa Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup Melalui Model Pembelajaran Kolaborasi Siswa Kelas VI SDN Banyu Tajun Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Sosial Vol. 4 No. 2 Januari-Juni 2018, Hlm: 45-52

https://www.rijal09.com/2016/12/10-model-pembelajaran-ipa-di-Sekolah Dasar.htm, diunduh tanggal 15 okteber 2019 hari senin pukul 10.00 wib

http://staffnew.uny.ac.id/upload/130683941/pendidikan/Model+Pembelajaran+IPA.pd, diunduh tanggal 15 okteber 2019 hari senin pukul 12.00 wib

http://hanifumega.blogspot.com/2011/08/model-strategi-pendekatan-metode-dan.html, diunduh tanggal 15 okteber 2019 hari senin pukul 12.00 wib

http://digilib.unila.ac.id/11105/15/BAB%20II.pdf. diunduh tanggal 15 okteber 2019 hari senin pukul 12.00 wib

http://repository.upi.edu/1743/5/S_PGSD_0908107_chapter2.pdf diunduh tanggal 15 okteber 2019 hari senin pukul 13.00 wib

http://eprints.ums.ac.id/20031/13/NASKAH_PUBLIKASI.pdf diunduh tanggal 15 okteber 2019 hari senin pukul 13.00 wib




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.12032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.