Problematika Pembelajaran Matematika di SD Muhammadiyah Kampa Full Day School

Annisa Nisa, Zubaidah Amir MZ, Rian Vebrianto

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendapatkan informasi mengenai problematika pada pembelajaran matematika di sekolah dasar. Penelitian ini merupkan penelitian survey deskriptif kualitatif. Rentang waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Oktober 2020. Dalam penelitian ini terdapat 2 narasumber  yaitu guru SD Muhammadiyah Kampa Full Day School. Pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada beberapa problematika yang dialami guru dalam pembelajaran matematika yang meliputi: aspek guru kesulitan mengembangkan materi yang ada dalam buku karena teralu banyak materi yang akan diajarkan dan guru hanya menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional. untuk aspek peserta didik yaitu kurangnya minat belajar siswa pada pelajaran matematika, pemahaman konsep yang kurang matang, semangat belajar yang kurang dan siswa tidak termotivasi saat belajat matematika, dikalangan siswa banyak yang memandang matematika adalah mata pelajaran yang sulit dan membosankan, siswa sering kali menyelesaikan permasalahan dengan menggunakan rumus atau aturan yang umum dan ketidakkemampuan siswa belajar secara mandiri. Dan yang terakhir adalah aspek lingkungan suasana kelas yang kurang kondusif.

Kata kunci: Belajar Matematika, Problematika Pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Anwar, S. E. dkk. (2020). Level Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education, Jurnal Maju, 7(2), 59-67.

Atika, N. & MZ, Z. A. (2016). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan RME untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa, Suska Journal of Mathematica Education, 2(2), 103-110.

Elfina, H. (2020). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Software Autograph untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Kelas Xi Sma Negeri 11 Medan, Jurnal Maju, 7(2), 221-227.

Fauzi, A. dkk. (2020). Kesulitan Guru pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar, Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 142-148.

Fika, N. dkk. (2020). Penerapan Expert Riview sebagai Strategi Formative Evaluation dalam Mengembangkan Lks Matematika Berbasis Problem Posing, Jurnal Maju, 7(2), 156-164.

Indra, S. A. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Pembagian Pecahan dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education di Kelas V Sdn 003 Pulau Kopung Kecamtan Sentajo Raya Kabupaten Kuantan Singingi, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 3(2), 353-359.

Kamarullah, (2017). Pendidikan Matematika di Sekolah Kita, Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 1(1), 21-32.

Muntaha, A. dkk. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mengonstruksi Model Matematika pada Soal Cerita, Jurnal Maju, 7(2), 53-58.

MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah: Jurnal Perempuan, Agama dan Jender, 12(1), 15-31.

Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa, Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 2(2), 8-18.

Pasaribu, E. Z. dkk. (2020). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Matematika Berbasis Model Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI di SMA Negeri 1 Rantau Selatan, Jurnal Maju, 7(2), 212-220.

Rostika, D. dan Herni, J. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SD dalam Pembelajaran Matematika dengan Model Diskursus Multy Representation (Dmr), Jurnal Pendidikan Dasar, 9(1), 35-46.

Selvianiresa, D. (2017). Kesulitan Siswa Sekolah Dasar pada Materi Nilai Tempat Mata Pelajaran Matematika di Kelas I SD, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 2(1), 65-73.

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika, Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67.

, (2017). Pembelajaran Matematika dalam Persfektif Konstruktivisme, Jurnal Pendidikan Islam dan Teknologi Pendidikan, 7(2), 61-73

Utari, D. R. dkk, (2019). Analisis Kesulitan Belajar Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. 3(4), 534-540.

Yeni, E. M. (2015). Kesulitan Belajar Matematika Di Sekolah Dasar, Jurnal JUPENDAS, 2(2), 1-10.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.