Pengembangan Bahan Ajar Matematika dengan Berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS) di Kelas VI

Nurul Hidayah, Siti Rofi'ah

Abstract


Bahasan pokok dari penelitian ini antara lain berisi tentang proses pengembangan yang menghasilkan suatu bahan ajar matematika yang berbasis Higher Order Thinking Skills (HOTS). Dilihat dari judulnya penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Adapun model pengembangan menggunakan Borg and Gall yang memiliki 10 proses antara lain: mencari masalah dan potensi, mengumpulkan data, mendesain produk yang dikembangkan, memvalidasi kepada para ahli, merevisi desain berdasarkan penilaian para ahli, menguji coba pada kelas kecil, merevisi produk berdasarkan hasil uji coba kelas kecil, menguji coba produk secara luas, revisi akhir, dan proses terakhir yaitu desiminasi. Hasil validasi dari para ahli diperoleh presentase sebesar 88,8%, untuk penilaian siswa dari uji coba kelas kecil dan besar sebesar 86%, sedangkan nilai hasil belajar antara sebelum dan sesudah menggunakan handbook terjadi kenaikan 25%. Dari hasil yang diperoleh produk yang dikembangkan menunjukkan valid, menarik, dan efektif digunakan pada proses pembelajaran matematika di kelas VI.

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas. (2007). Pengembangan Pembelajaran Matematika SD. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Amri, Sofan. (2014). Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pestakarya.

Annur Sulistyowati. (2018). Pengembangan Buku Saku Mata Pelajaran Matematika Materi Geometri dan Aritmatika SD/MI. Lampung: UIN Raden Intan Lampung.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan.

Sekretaris Jenderal Pendidikan Nasional. (2010). Undang-undang No.2 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara 2.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suyud Riyadi Haidar. (2018). Pengembangan Buku Ajar Matematika melalui Cerita Fabel untuk Memperkuat Karakter Siswa Menggunakan Problem Based Learning Kelas IV Sekolah Dasar. Bandar Lampung: Universitas Lampung.

Udin S, Wiranataputra. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Tangerang Selatan: Universitas Terbuka.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ejpe.v4i1.11001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Terindeks:

       

Dipublikasikan oleh:

Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah FTK Univ. Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: elibtidaiy.pgmi@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
el-ibitadiy : Journal of Primary Education is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.