Rekayasa Perangkat Lunak Penjadwalan dan Pemesanan Iklan Radio (Studi Kasus : Radio Classy FM)

Anisya Anisya, Ersab Allazi

Abstract


Banyak cara untuk bisa memasarkan atau mempromosikan sebuah produk maupun usaha, yaitu salah satunya dengan memasarkannya pada sebuah iklan di radio. Proses pemesanan iklan di radio biasanya diproses oleh seorang marketing. Dan pada saat sekarang ini proses yang dilakukan untuk pemesanan iklan masih dengan cara yang manual yaitu dengan cara costumer mendatangi kantor radio yang bersangkutan untuk melakukan pemesanan iklan. Hal ini kurang efektif karena marketing harus selalu berada dilokasi kantor agar proses pemesanan iklan dapat terlaksana. Oleh karena itu diperlukan sebuah aplikasi sistem informasi yang dapat menjembatani proses pemesanan iklan tersebut. Sehingga dengan adanya sistem informasi ini marketing dapat menginformasikan kepada costumer tentang ketersediaan tempat untuk beriklan tanpa harus memeriksa langsung ke stasiun radio tersebut.Dan costumer dapat melakukan transaksi pemesanan iklan hanya dengan perangkat mobile yang dia miliki. Hasil dari pembuatan sistem informasi ini diharapkan dapat membantu mempermudah kerja seorang marketing dalam menginformasikan tentang jadwal kosong yang ada pada radio tersebut dan dapat membantu penjadwalan dan pemesanan iklan yang efektif dan efisien.

Kata kunci Sistem Informasi, Berbasis Mobile, Penjadwalan dan Pemesanan Iklan Radio


Full Text:

PDF

References


Jogiyanto, M.H. 2005.Pengenalan Komputer. Yogyakarta: Penerbit Andi

Yuswanto, Subari. 2005, Mengolah Database dengan SQL Server 2000, Prestasi Pustaka Publisher, Surabaya.

Anisya. (2013). Aplikasi Sistem Database Rumah Sakit Terpusat Pada Rumah Sakit Umum (RSU) 'Aisyiyah Padang Dengan Menerapkan Open Source (PHP-MYSQL). Jurnal Momentum ISSN: 1693-752X, 2013, 15.2. , 15 (2).

Afandi, Mafut. 2014. Sistem Informasi Pemesanan Kamar di Hotel Merah Serang Berbasis Web. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Ibrahim, Ali. 2011. Perancangan Sistem Pemesanan Tiket Pesawat Berbasis Web. Universitas Sriwijaya.

Jerry Fitzgerald (1981:5). System Analisis, New York.

Kadir, Abdul. 2003. Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta : Andi Yogyakarta.

Ladjamudin, Albahra Bin. 2005. Konsep Sistem Basis Data dan Implementasinya. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Muharam, Candra Lesmana. 2012. Sistem Informasi Pemasangan Iklan di Radio Morista FM Berbasis Web. Universitas Komputer Indonesia.

Meiliana, Dkk. 2014.Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjadwalan dan Manajemen Training pada Software Laboratory Center Universitas Bina Nusantara. Unversitas Bina Nusantara : Jakarta Barat.

Nugroho, Arifin Adi. 2010. Sistem Informasi Pemesanan Penggunaan Lapangan Futsal Berbasis Web. Universitas Diponegoro: Semarang.

Oetomo, Budi Sutedjo Dharma. 2002. Perencanaan dan Pengembangan Sistem Informasi. Edisi I. ANDI Yogyakarta.

Poetra, Arief Rahardjo. (2013). Aplikasi Pemasangan Iklan di Media Cetak Berbasis Web Dengan Menggunakan PHP dan MySQL. Universitas Pembangunan Nasional “Veteran”. Jawa Timur.

Simarmata, Janner. 2007. Perancangan Basis data.Andi.Yogyakarta.

Witarto.(2004). Memahami Sistem Informasi, Informatika, Bandung.

Wilyanto, Willy. (2015). Pembuatan Sistem Informasi Penjadwalan dan Pemesanan Sewa BUS PO. Son Aji Dengan PHP. Amikom Yogyakarta.

Wibowo, Beni. (2014). Rancangan Bangun Sistem Informasi Reservasi Sewa Kamar Hotel Berbasis Web. Universitas STIKUBANK. Semarang




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v3i2.4420

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License  site stats  
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.