Clustering Data Polutan Udara Kota Pekanbaru dengan Menggunakan Metode K-Means Clustering

Fathuddin Yazid, Muhammad Affandes

Abstract


Pencemaran udara adalah salah satu permasalahan yang selalu mengganggu kesehatan lingkungan, seperti kabut asap yang belakangan ini terjadi setiap tahunnya di wilayah Kota Pekanbaru yang mengganggu kesehatan manusia bahkan sampai menelan korban jiwa. Untuk itu diterapkan ilmu dari data mining dengan metode K-means clustering yang dapat mengelompokkan polutan pencemar udara. Pengelompokan cluster dilakukan dengan beberapa kali pengujian dengan jumlah cluster berbeda dan juga dengan pengolahan data yang berbeda sebagai perbandingan untuk mencari hasil yang optimal. Setelah kelompok polutan dari 5 cluster di urutkan berdasarkan kadar polutan yang terkandung dapat disimpulkan bahwa polutan mengalami kenaikan antara bulan Juni dan Juli kemudian turun kembali pada bulan Oktober dan November sehingga diharapkan masyarakat lebih waspada pada rentang bulan-bulan tersebut untuk mencegah efek negatif dari polutan udara seperti ispa dan gangguan pernapasan lainnya bahkan dapat menyebabkan kematian.

Kata kunci Clustering, Data mining, K-means, Polutan udara

 


Full Text:

PDF

References


R. Field, “Indonesia's Dangerous Haze,” 26 October 2015. [Online]. Available: http://www.policyforum.net/indonesias-dangerous-haze/0.

M. Syukur, 21 Oktober 2015. [Online]. Available: http://news.liputan6.com/read/2345710/paru-paru-penuh-asap-bocah-di-riau-meninggal. [Diakses 8 Oktober 2016].

B. Warsito, D. Ispriyanti dan H. Widayanti, “Clustering Data Pencemaran Udara Sektor Industri di Jawa Tengah Dengan Kohonen Neural Network,” Jurnal PRESIPITASI, 2008.

A. Iizuka, S. Shirato, A. Mizukoshi, M. Noguchi, A. Yamasaki dan Y. Yanagisawa, “A Cluster Analysis of Constant Ambient Air Monitoring Data from the Kanto Region of Japan,” International Journal of Environmental Research and Public Health, pp. 6844-6855, 2014.

J. Han dan M. Kamber, Data Mining Concepts and Techniques Second Edition, San Francisco: Morgan Kaufmann, 2006.

Asroni dan R. Adrian, “Penerapan Metode K-means Untuk Clustering Mahasiswa Berdasarkan Nilai Akademik Dengan Weka Interface Studi Kasus Pada Jurusan Teknik Informatika UMM Magelang,” Jurnal Ilmiah Semesta Teknika, pp. 76-82, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v3i2.4419

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License Web Analytics Made Easy - StatCounter 
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.