Rancangan Sistem Informasi Manajemen Aset di PT. Sentral Tukang Indonesia

Muhammad Ridwan, Muhammad Muhammad, Siti Ramadhani

Abstract


Sentral Tukang Indonesia adalah perusahaan retail yang menjual aksesoris bangunan yang beralamat di Jl. Riau No.131 C-D, Pekanbaru. Sentral Tukang saat ini menghadapi masalah dalam manajemen aset dari proses perawatan aset karena masih menggunakan ingatan perorangan saja sedangkan asetnya banyak. Jika perorangan tersebut terlupa akan menjadi masalah apalagi terkait jenis aset yang melakukan pembayaran dan jika terlambat akan dikenakan denda. Penelitian ini untuk memudahkan sentral tukang untuk melakukan pencatatan perawatan aset perusahaan tersebut. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan Visual Basic 6.0 sebagai program aplikasi desktop dan MySQL sebagai aplikasi databasenya. Proses penelitian dilakukan observasi dikarena penulis juga bekerja di sentral tukang selama setahun dan  penulis mendapatkan masalah aset ini. Tahap pembuatan aplikasi ini yaitu analisa kelemahan sistem lama, pencarian data, perancangan, pembuatan, pengetesan, dan implementasi dari perancangan sistem informasi manajemen aset di sentral tukang. Hasil dari penelitian ini program desktop yang mengelola pencatatan perawatan aset dan juga sebagai pengingat akan perawatan aset-aset yang berada di Sentral Tukang. 

Kata Kunci – Sistem Infomasi, Manajemen Aset, Perawatan Aset

Full Text:

PDF

References


Dewi, Gusti dkk. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Pengelolaan Aset Komputer Dan Peripheral Pada PT. Sucofindo. Stikom Surabaya. Vol 3 No. 3.

Februariyanti, Herny dan Eri Zuliarso. 2012. Rancang Bangun Sistem Perpustakaan untuk Jurnal Elektronik. Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK. Vol 12 No 2.

Hoesada, Jan. 2013. Taksonomi Ilmu Manajemen. Yogyakarta: Andi.

Iswandy, Eka. 2015. Sistem Penunjang Keputusan Untuk Menentukan Penerimaan Dana Santunan Sosial Anak Nagari Dan Penyalurannya Bagi Mahasiswa DanPelajar Kurang Mampu Di Kenagarian Barung – Barung Balantai Timur. Jurnal Teknotif. Vol 3 No 2.

Jamal, Ahmad dan Lies Yulianto. 2013. Rancang Bangun Sistem Informasi Aplikasi Kasir MenggunakanBarcode Reader Pada Toko dan Jasa Widodo Computer Ngadirojo Kabupaten Pacitan. Indonesian Jurnal on Computer Science. Vol 10 No 4.

Kadir, Abdul. 2014. Pengenalan Sistem Informasi Edisi Revisi. Yogyakarta : Andi.

Mulyanto, Edy dan Slamet Siswanto. 2013. Sistem Informasi Manajemen Aset Pada Universitas Muria Kudus. Jurnal Teknologi Informasi. Vol 9 No 1. http://research.pps.dinus.ac.id. 29 Mei 2016

Setyaningrum, Sintha. 2013. Konsep dan Perancangan Basis Data. Yogyakarta : Skripta Media Creative.

Sophian, Sophan. 2014. Pengimplementasian Dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Dan Pengendalian Stok Barang Pada Toko Swastika Servis (Ss) Bangunan Dengan Menggunakan Bahasa Pemrograman Visual Basic 6.0 Didukung Dengan Database Mysql. Jurnal Momentum. Vol 16 No 2.

Tantra, Rudy . 2012. Manajemen Proyek Sistem Informasi. Yogyakarta:Andi.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v3i2.4415

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License Web Analytics Made Easy - StatCounter 
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.