Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Sekolah Anak Dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dan Metode Perbandingan Eksponensial (MPE)

Armiyana Armiyana, Reski Mai Candra

Abstract


Penentuan sekolah sangat penting bagi orangtua untuk memperoleh pendidikan yang layak. Pemilihan sekolah merupakan masalah utama bagi orangtua disimpulkan dari hasil beberapa pertanyaan kepada orangtua, karena banyaknya kriteria penentu yang dipertimbangkan maka dari penulis berinisiatif untuk mengembangkan sistem tentang pemilihan sekolah. Banyaknya pilihan sekolah yang masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan serta kurang objektifnya data hasil analisa sehingga perlu dievaluasi berulang-ulang. Untuk itu perlu sistem yang mampu mengatasi hal tersebut. Sistem yang dirancang yaitu sistem pendukung keputusan untuk pemilihan sekolah menggunakan metode Analytical Hierarchy Process (AHP) dan metode Perbandingan Eksponensial (MPE). Sistem ini telah berhasil memberikan solusi dan informasi untuk pemilihan sekolah. Pengujian di lakukan menggunakan user acceptance, di peroleh tingkat akurasi sistem 80% kurang akurasi 20% dapat disimpulkan bahwa sistem ini lebih objektif dan menghemat waktu dalam pemilihan sekolah yang terkomputerisasi.

Full Text:

PDF

References


Amri, “Negara Sangat Mendukung Setiap Warga Negaranya Untuk Meraih Pendidikan setinggi- tingginya” 2011

faturrahma, ”Sistem Pengembilan Keputusan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP) Dalam Memilih Sekolah Menengah Pertama (SMP) dengan Menggunakan Metode Analytical Hierarchy Process (AHP)”2011.

Ferry Jumardi M “Metode Perbandingan Eksponensial Dalam Menenrukan Calon Pejabat Kepala Biro” 2011.

Turban, Efraim dan E.Aronson, Jay dan Liang, Peng, Ting. 2005. ”Decision Support System and Intelligent System”. Penerbit Andi : Yogyakarta

Little, mendefenisikan SPK sebagai ”Sekumpulan Prosedur Berbasis Model Untuk Data Pemrosesan Dan Penilaian Guna Membantu Para Namajer Mengambil Keputusan”

Suryadi, Kadarsah, dan Ramdhani, M.Ali, “Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealisasi dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan” Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Edisi Kedua, 2000

Hermawan, Julius. Membangun Decision Support System. Penerbit Andi : Yogyakarta 2005

Irsal Ismed, ”Rancang Bangun Sistem Informasi Penilaian Training Menggunakan Metode Perbandingan Eksponensial” 2009.

Yuli astuti dan teman-teman “AHP (Analytical Hierarchy Process) Untuk Pemodelan SPK (Sistem Pengambilan Keputusan) Pemilihan Sekolah Tinggi Komputer” 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v3i1.3655

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License  site stats  
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.