Penerapan Data Mining Untuk Memprediksi Prestasi Akademik Mahasiswa Berdasarkan Dosen, Motivasi, Kedisiplinan, Ekonomi, dan Hasil Belajar

Eka Sabna, Muhardi Muhardi

Abstract


STMIK Hang Tuah Pekanbaru memiliki data akademik mahasiswa yaitu data Indeks Prestasi Komulatif (IPK), data identitas mahasiswa dan data Dosen. Data-data ini belum dimanfaatkan secara mendalam dan luas karena selama ini data-data tersebut masih digunakan hanya sebatas informasi saja. Data yang akan diproses dalam penelitian ini adalah bersumber dari data yang tersedia dan data penyebaran kuesioner . Data yang disebarkan melalui kuesioner terdiri dari 5 variabel yaitu adalah data yang terkait dengan peran dosen, motivasi, kedisiplinan, sosial ekonomi, dan hasil belajar masa lalu. Metode data mining yang digunakan adalah metode klasifikasi dengan algoritma C4.5. Algoritma ini dapat membentuk pohon keputusan yang menjadi alat dalam mendukung keputusan untuk memprediksi prestasi akademik mahasiswa. Dari hasil penelitian diperoleh bahwa variabel nilai rapor (hasil belajar masa lalu) menjadi node awal artinya dari 5 variabel yang menetukan prestasi akademik mahasiswa maka nilai rapor menjadi node yang terpilih sebagai penentu pertama terhadap prestasi akademik mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Hamalik.1991. Manajemen Belajar di Perguruan Tinggi Bandung : Sinar Baru .1991. hlm 16

Han,J and Kamber, M. 2012. Data Mining Concept and Techniques Third Edition. Morgan Kauffman. San Francisco.

Kusrini dan Luthfi, E.T.2009.Algoritma Data Mining. Andi Offset. Yogyakarta

Larose, Daniel T. 2005. Discovering Knowledge in Data : An Introduction to Data Mining. John Wiley & Sons.Inc Publication.

Margaretha Purwanti. Peran Pengajaran Dosen, Konsep Pembelajaran, Konsep Diri Akademik, Dan Pendekatan Belajar Dalam Menentukan Hasil Belajar.2006

Priyatno. Duwi. 2009. 5 jam belajar olah data dengan SPSS 17. Andi Yogyakarta.

Tulus. 2004. Peran Disiplin pada perilaku dan prestasi siswa. Jakarta : Grasindo




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v2i2.2392

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License  site stats  
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.