Deteksi Obyek Manusia Pada Basis Data Video Menggunakan Metode Background Subtraction Dan Operasi Morfologi

Khairul Umam, Benny Sukma Negara

Abstract


Deteksi obyek manusia merupakan salah satu arah penelitian yang penting untuk meningkatkan emampuan sistem pengawasan. Penelitian ini bertujuan untuk merancang suatu program pengolahan citra yang mampu menghitung jumlah obyek pejalan kaki yang terekam di dalam video menggunakan 30 video yang direkam dalam beberapa kondisi yaitu kondisi terang atau siang hari di luar ruangan, di dalam ruangan, dan pada kondisi gelap atau malam hari. Penelitian ini menggunakan Metode background subtraction dan operasi morfologi. Metode Background subtraction dapat mendeteksi subtstraksi pada background dengan mengubah citra menjadi citra biner dan menentukan tingkat kepekaan perubahan pixel background. Operasi morfologi digunakan untuk menghilangkan noise yang dapat mengganggu keberhasilan deteksi pada video. Pada pengujian beberapa sample video yang mewakili beberapa kondisi yaitu terang, gelap, dan di dalam ruangan, diperoleh nilai threshold 0.5, nilai elemen penstruktur operasi opening 3x3, dan nilai elemen penstruktur operasi closing 18x18. Pada pengujian 10 video dalam pencahayaan terang, 8 video yang akurat dengan perhitungan manual, 2 video tidak akurat. Dari 10 video pengujian dalam ruangan, 2 video akurat, dan 8 video tidak akurat. dan dari 10 pengujian video kondisi gelap atau redup, 1 video akurat, dan 9 video tidak akurat.

Full Text:

PDF

References


Dwi Nurhayati, Oky. 2010. Multimedia – Kompresi Video. Semarang : Slide Presentasi Mata Kuliah Multimedia Pada PRODI S1 Sistem Komputer Universitas Diponegoro.

Febriyanto, Andi. 2013. Analisis Kinerja Metode Background Subtraction dan HaarLike Feature Untuk Monitoring Pejalan Kaki Menggunakan Kamera Webcam. Yogyakarta: Prodi Teknik Informatika

Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga

Fifi. 2011. Pengukuran Kecepatan Obyek Bergerak Menggunakan Webcam Berbasis Pengolahan Citra Digital. Surabaya: Jurusan Matematika FMIPA Institut Teknologi Sepuluh November.

Irianto, Kurniawan Dwi. 2010. Pendeteksi Gerak berbasiskan Kamera Menggunakan OpenCV pada Ruangan. Surakarta: KomuniTi Universitas Muhammadiah Surakarta

Kadir, Abdul. 2012. Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra. Yogyakarta: Penerbit ANDI

Munir, Rinaldi. 2004. Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik. Bandung: Informatika.

Patil, Rakibe. 2014. Human Motion Detection using Background Subtraction Algorithm. International Journal of Advanced Research in Computer Science and Software Engineering.

Prasetyo, Eko. 2011. Pengolahan Citra Digital dan Aplikasinya menggunakan Matlab.Yogyakarta: Penerbit Andi.

Solichin, Achmad. 2013. Metode Background Subtraction Untuk Deteksi

Obyek Pejalan Kaki Pada Lingkungan Statis. Yogyakarta: Jurusan Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA Universitas Gajah Mada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


JURUSAN TEKNIK INFORMATIKA
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIM KASIM RIAU
Kampus Raja Ali Haji Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: coreit[at]uin-suska[dot]ac[dot]id
© 2015 CoreIT, ISSN 2460-738X