Penerapan Learning Vector Quantization Penentuan Bidang Konsentrasi Tugas Akhir (Studi Kasus: Mahasiswa Teknik Informatika UIN Suska Riau)

Elvia Budianita, Ulti Desi Arni

Abstract


Penentuan bidang konsentrasi studi tugas akhir diharapkan dapat mempermudah mahasiswa dalam menentukan bidang tugas akhirnya sesuai dengan pola nilai mata kuliah yang diambilnya. Banyaknya bidang tugas akhir membuat mahasiswa merasa bingung menentukan tema tugas akhirnya. Sehingga banyak mahasiswa menentukan bidang konsentrasi studi tugas akhirnya diluar mata kuliah yang mereka ambil. Jika mahasiswa memilih bidang konsentrasi tugas akhir sesuai mata kuliah yang mereka ambil, maka mahasiswa tersebut dapat dengan cepat menyelesaikan tugas akhirnya tanpa harus mempelajari metode terlebih dahulu. Oleh karena itu dibutuhkan sebuah media yang dapat membantu mahasiswa dalam menentukan bidang tugas akhirnya yang sesuai dengan pola nilai mata kuliah yang diambil. Metode yang digunakan yaitu Metode Learning Vector Quantization (LVQ). LVQ adalah metode jaringan syaraf tiruan yang mempelajari pola nilai dan secara otomatis belajar untuk mengklasifikasikan vektorvektor input. Kelas-kelas yang didapatkan sebagai hasil dari lapisan kompetitif ini tergantung pada jarak antara vector input. Jika dua vektor input mendekati sama, maka lapisan kompetitif akan meletakkan kedua vektor input tersebut kedalam kelas yang sama.


Full Text:

PDF

References


Ranadhi. Djalu, Wawan Indarto dan Taufiq Hidayat. 2006. “Imlementasi Learning Vector Quantization (LVQ) untuk Pengenalan Pola Sidik Jari Pada Sistem Informasi narapidana LP Wirogunan”, Media Informatika Vol. 4, No. 1,51-65, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Yogyakarta Suyanto. 2012. Artificial Intelligence. Informatika, Bandung.

Budianita. Elvia. 2013. “Penerapan Learning Vector Quantization (LVQ) untuk Klasifikasi Status Gizi Anak”, Tesis, Jurusan Ilmu Komputer Universitas Gajah Mada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN 2460-738X (Print)
ISSN 2599-3321 (Online)