Analisa dan Perbaikan Algoritma Line Maze Solving Untuk Jalur Loop, Lancip, dan Lengkung pada Robot Line Follower (LFR)

Febi Yanto, Irma Welly

Abstract


Pengujian robot line follower pada penelitian ini menggunakan arduino uno. Pada penelitian sebelumnya algoritma line maze solving yang digunakan sebagai metode pada robot line follower masih menyisakan kendala, di mana robot belum bisa melewati maze dengan jalur loop, jalur lengkung lebih dari 225 derajat, dan jalur lancip kurang dari sudut 45 derajat. Oleh karena itu dilakukan perbaikan, dan didapatkan algoritma yang baru. Algoritma ini kemudian diuji kembali pada robot dan berhasil menyelesaikan maze dengan jalur loop, jalur lengkung lebih dari 225 derajat , dan jalur lancip kurang dari 45 derajat.


Full Text:

PDF

References


Sholahuddin, Asep, dan Setiawan Hadi. “Penerapan Jaringan Syaraf Tiruan Pada Pengenalan Pola Robot Line Follower”. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Nuklir. PTNBR – BATAN Bandung, 4 Juli 2013.

Vanoy, Richard T., II. Design a Line Maze Solving Robot: Teaching a Robot to Solve a Line Maze. April 2009.

Musridho, R. Joko. Yanto, Febi. 2014. Analisa Performa Algoritma Line Maze Solving Pada Jalur Lengkung Dan Zigzag. Prosiding SNTIK5 UIN SUSKA RIAU.

Rudiyanto, Hariz Bafdal. "Rancang Bangun Robot Pengantar Surat Menggunakan Mikrokontroler AT89S51". Jurnal Skripsi. Jurusan Teknik Elektro, Universitas Gunadarma, 2010.

Margolis, Michael. Make an ArduinoControlled Robot. Sebastopol:

O’Reilly Media, Inc., 2013.

Djuandi, Feri. Pengenalan Arduino. Juli 2011. [Online] Tersedia:

http://www.tobuku.com/docs/ArduinoPengenalan.pdf, diakses 4 juli 2014.

Hendriawan, Akhmad, dan Reesa Akbar. Penyelesaian Jalur Terpendek dengan menggunakan Algoritma Maze Mapping Pada Line Maze. Jurusan Teknik Elektronika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya, Institut Teknologi Sepuluh November, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v1i2.1231

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License  site stats  
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.