Sistem Presensi Siswa Berbasis Android Menggunakan Pemodelan Zachman Framework

Ina Sholihah Widiati, Sri Widiyanti

Abstract


Sistem presensi menjadi salah satu hal penting dalam dunia pendidikan khususnya pada proses pengajaran. Pada sebuah Lembaga Ketrampilan dan Pelatihan (LKP), presensi tidak hanya sebagai rekap kehadiran siswa saja, tetapi juga untuk keperluan manajemen lainnya. Sehingga perlu adanya sistem informasi presensi yang mudah digunakan dan dapat mendukung pengambilan keputusan dalam sisi manajemen. Untuk mencapai tujuan tersebut, pada penelitian ini, sistem presensi yang dikembangkan mengacu pada kerangka kerja Zachman (Zachman Framework). Kerangka kerja tersebut memungkinkan pengembangan sistem lebih memperhatikan detail dari 6 perspektif dan 6 fokus komponen. Sistem presensi yang dihasilkan berupa aplikasi android dan web sebagai server. Teknologi yang digunakan untuk membaca data siswa yaitu menggunakan QR Code. QR Code yang ada pada Kartu Siswa akan discan menggunakan fitur scan pada aplikasi android yang dikembangkan untuk melakukan presensi. Administrator dapat mengelola segala data presensi di web. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu pengembangan sistem dengan mengacu pada kerangka kerja Zachman, sistem presensi yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan pengguna dengan memperhatikan detail fungsionalitasnya.

Kata KunciSistem Presensi, Zachman Framework, Aplikasi Android, QR Code


Full Text:

PDF

References


S. Rahayu, M. Yusup, and S. P. Dewi, “Perancangan Aplikasi Absensi Peserta Bimbingan Belajar Berbasis Web Dengan Menggunakan Framework YII,” Creat. Commun. Innov. Technol. J., vol. 9, no. 1, 2015.

M. A. Ghufron, “Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan,” 2018.

J. Risanto and Z. Bahri, “Aplikasi Sistem Antrian Berbasis Android,” JOISIE (Journal Inf. Syst. Informatics Eng., vol. 1, no. 1, 2017.

A. Husain, A. H. A. Prastian, and A. Ramadhan, “Perancangan Sistem Absensi Online Menggunakan Android Guna Mempercepat Proses Kehadiran Karyawan Pada PT. Sintech Berkah Abadi,” Technomedia J., vol. 2, no. 1, 2017.

A. Priyambodo, K. Usman, and L. Novamizanti, “Implementasi QR Code Berbasis Android Pada Sistem Presensi,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 7, no. 5, 2020.

Norhikmah, A. Safitri, and dkk, “Penggunaan QR Code dalam Presensi Berbasis Android,” 2016.

E. Restuningsih, “Penerapan Aplikasi Presensi Siswa Menggunakan QR Code di SMAN 17 Surabaya,” INTEGER ( J. Inf. Technol., vol. 4, no. 2, 2019.

Y. Supendi, I. Supriadi, and A. A. W. Isto, “Pemanfaatan Teknologi QR-Code Pada Sistem Presensi Mahasiswa Berbasis Mobile,” 2019.

M. L. Sholeh and L. A. Muharom, “Smart Presensi Menggunakan QR-Code dengan Enkripsi Vigenere Cipher,” J. Math. Its Appl., vol. 13, no. 2, 2016.

F. F. Ali, Y. T. Mursityo, and D. Pramono, “Pengembangan Sistem Informasi Penggajian Menggunakan Zachman Framework Pada Perusahaan Outsourcing PT. Bhakti Karya Cemerlang Tangerang,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, 2018.

M. S. Riani, “Penerapan Zachman Framework Pada Arsitektur Sistem Penggajian (Studi Kasus: PT. Anugerah Mitra Mulia),” Jursistekni (Jurnal Sist. Inf. dan Teknol. Informasi), vol. 2, no. 1, 2020.

K. Surendro, Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi. Bandung: Informatika, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v6i2.11602

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License  site stats  
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.