Smart Room System Menggunakan Teknologi Internet of Things (IoT) dengan Sistem Kendali Berbasis Android

Muhammad Iqbal, Bambang Hermanto, Ahmad Marzuky Ashshaff, Rifqy Haryudha Dewantara

Abstract


Tingkat kejahatan pencurian yang meningkat dan sumber energi yang semakin sedikit. Membuat kita harus lebih memperhatikan aspek keamanan dan penggunaan sumber daya yang berlebihan. Smart Room atau ruangan pintar adalah ruangan yang benda-benda di dalam ruangan tersebut dikendalikan secara mudah dan efisien oleh penggunanya. Dengan konsep teknologi Internet of Things ruang pintar dapat mengirim, menerima dan merespon informasi. Tujuan dari penelitian ini adalah membangun sebuah Smart Room System (Ruang Pintar), yang dapat dikendalikan dari jarak jauh menggunakan aplikasi android. sistem ini dibuat untuk memudahkan pengguna dalam mengontrol alat elektronik dan memonitoring keadaan ruangan, selanjutnya sistem diharapkan dapat meningkatkan keamanan ruangan. Pengujian dilakukan terhadap prototype ruangan, yang memiliki dua pintu dilengkapi dengan keypad dan LED diluar dan sensor di dalam, kemudian memiliki dua buah lampu, sensor suhu, dan kamera pengawas. Dari hasil pengujian yang telah dilakukan, sistem dapat mengontrol lampu ruangan, mengirim informasi mengenai suhu, kelembapan, kemudian memberikan peringatan alarm dan memotret objek asing yang masuk ruangan saat sistem keamanan aktif


Full Text:

PDF

References


Jadmiko, FA, (2016). Pengontrolan Peralatan Elektronik Pada Kamar Menggunakan Wifi Router Dengan Aplikasi Android Berbasis Arduino Uno: Universitas Gadjah Mada

Kurniawan, (2016). Purwarupa IoT (Internet Of Things) Kendali Lampu Gedung (Studi Kasus Pada Gedung Perpustakaan Lampung): Universitas Lampung, Bandar Lampung, Skripsi

Kaur, S., Singh, R., Khairwal, N., & Jain, P. (2016). Home automation and security system. Advanced Computational Intelligence, 3(3), 17-23.

Sfikas, G., Akasiadis, C., & Spyrou, E. (2016, May). Creating a Smart Room using an IoT approach. In Proceedings of the Workshop on AI and IoT (AI-IoT), 9th Hellenic Conference on Artificial Intelligence, Thessaloniki, Greece (pp. 18-20).

Hermawan, S. (2011). Mudah membuat aplikasi android. Yogyakarta: Andi Offset.

Google Developers. (2017, Desember) Firebase. [Online]. https://firebase.google.com/docs/database/?hl=id

Kadir, A. (2015). From zero to a pro Arduino. Yogyakarta: Andi.

Agus Faudin. (2017, July) penyebar ilmu (apa itu module nodemcu esp8266). [Online]. https://www.nyebarilmu.com/apa-itu-module-nodemcu-esp8266/

Mulyana, I. E., & Kharisman, R. (2014). Perancangan Alat Peringatan Dini Bahaya Banjir dengan Mikrokontroler Arduino Uno R3. Creative Information Technology Journal, 1(3), 171-182.

Weku, H. S., Poekoel, V. C., & Robot, R. F. (2015). Rancang Bangun Alat Pemberi Pakan Ikan Otomatis Berbasis Mikrokontroler. Jurnal Teknik Elektro dan Komputer, 4(7), 54-64.

Santoso, L. H., & Hasanah, S. R. (2017). Rancang Bangun Sistem Alarm Kebakaran Otomatis Berbasis Arduino Uno Menggunakan Sensor Cahaya dan Sensor Gas Di Teaching Factory Stt Texmaco Subang. Jurnal Ilmiah Trendtech, 2(3), 39-48.

Sitorus, B. B. (2009). Konfigurasi DVR Berdasarkan Situasi Area Pengamatan untuk Efisiensi Media Penyimpanan: Studi Kasus Lab Komputer. In Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI).

Pressman, R. S. (2005). Software engineering: a practitioner's approach. Palgrave macmilla




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/coreit.v7i1.10401

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License  site stats  
Jurnal CoreIT by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/coreit/ is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.