تعليم اللغة العربية بالطريقة الإيحائية لترقية مهارة الكلام

kasmiati kasmiati

Abstract


Pembelajaran bahasa Arab bertujuan untuk agar siswa mampu memahami bahasa arab dan mampu mengusai ketrampilan berbahasa yaitu istima, ( menyimak ), takallum ( berbicara ), qira’ah ( membaca ) dan kitabah ( menulis ). Agar tujuan pembelajaran bahasa Arab tersebut tercapai, guru mempunyai peranan yang penting, karena guru merupakan oarng yang merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut. Salah astu tujuan pembelajaran bahasa arab adalah agar siswa menguasai maharatul kalam. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu metode yang sesuai adalah metode suggestopedia. Metode sugesstopedia adalah salah satu metode yang mensugesti siswa untuk menghilangkan perasaan tidak mampu, perasaan takut salah dan kekhawatiran terhdadap sesuatu yang baru. Metode ini menekan tehnik relaksasi dan kosentrasi yang akan menolong siswa membuka sumber bawah sadar mereka sehingga mereka bisa menguasai kuantitas mufradat yang lebih banyak dan juga struktur-struktur bahasa yang lebih mantap dan bisa mengungkapkan pikiran mereka melalui takallum berbahasa Arab tersebut. Jadi metode ini membuat siswa berani untuk takallum ( berbicara ) karena mereka rilek dan santai serta perasaan takut sudah hilang, biasanya yang menghambat siswa untuk belajar bahasa Arab khususnya takallum adalah persaan taku, perasaan takut salah, grogi,  dan perasaan tidak mampu.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/al-manar.v5i1.4120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Al-Manar by http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/almanar is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. web counter