Teaching the Arabic Language in a Suggestive Way to Improve Speaking Skills/ Ta’lîm al-Lughah al-Arabîyah bi at-Tharîqah al-Ihâiyah Litarqiyati Mahârah Kalâm

kasmiati kasmiati

Abstract


Pembelajaran bahasa Arab bertujuan untuk agar siswa mampu memahami bahasa arab dan mampu mengusai ketrampilan berbahasa yaitu istima, ( menyimak ), takallum ( berbicara ), qira’ah ( membaca ) dan kitabah ( menulis ). Agar tujuan pembelajaran bahasa Arab tersebut tercapai, guru mempunyai peranan yang penting, karena guru merupakan oarng yang merancang dan melaksanakan kegiatan pembelajaran tersebut. Salah astu tujuan pembelajaran bahasa arab adalah agar siswa menguasai maharatul kalam. Untuk mencapai tujuan tersebut, salah satu metode yang sesuai adalah metode suggestopedia. Metode sugesstopedia adalah salah satu metode yang mensugesti siswa untuk menghilangkan perasaan tidak mampu, perasaan takut salah dan kekhawatiran terhdadap sesuatu yang baru. Metode ini menekan tehnik relaksasi dan kosentrasi yang akan menolong siswa membuka sumber bawah sadar mereka sehingga mereka bisa menguasai kuantitas mufradat yang lebih banyak dan juga struktur-struktur bahasa yang lebih mantap dan bisa mengungkapkan pikiran mereka melalui takallum berbahasa Arab tersebut. Jadi metode ini membuat siswa berani untuk takallum ( berbicara ) karena mereka rilek dan santai serta perasaan takut sudah hilang, biasanya yang menghambat siswa untuk belajar bahasa Arab khususnya takallum adalah persaan taku, perasaan takut salah, grogi,  dan perasaan tidak mampu.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/al-manar.v5i1.4120

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 Al-Manar



 
Journal Al-Manar Indexed by
  
 
 
 
 
 
Jurnal Al Manar is published by Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Mailing Address:

Gedung PMU Lt. II Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau  
Jl. H.R. Soebrantas Km. 15 No. 155 Kelurahan Simpang Baru Kecamatan Tampan Pekanbaru - Riau 28293, PO. BOX 1004