Pola Asuh Single Parent Dalam mengembangkan Moralitas Anak Di Desa Marga Mulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu

Laila Lathifatul Mudrikah

Abstract


Dalam penelitian ini dituliskan berdasarkan judul pada skripsi ini yakni Pola Asuh Single Parent Dalam Mengembangkan Moralitas Anak di Desa Marga Mulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu, sebagaimana permasalahannya tentang kesulitan yang dihadapi oleh single parent dalam menjalani peran ganda dikeluarganya sehingga single parent kurang dapat fokus terhadap pengasuhan anaknya sebab harus sibuk bekerja untuk keberlangsungan hidup keluarganya. Sehingga dapat dirumuskan bagaimana Pola Asuh Single Parent dalam mengembangkan moralitas anak di Desa Marga Mulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pola Asuh Single Parent dalam mengembangkan moralitas anak di Desa Marga Mulya Kecamatan Rambah Samo Kabupaten Rokan Hulu. Subjek dalam penelitian ini adalah ibu single parent di Desa Marga Mulya. Dalam kajian ini peneliti menggunakan teori Authoritarian, Permissive dan Authoritative. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian jenis penelitian ini yaitu deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah 5 orang ibu single parent. Dari hasil penelitian ini diketahui para informan menerapkan pola asuh yang mengarah pada pola asuh permisif dan authoritative  dalam mendidik anak mereka dengan cara lebih mencari aman dalam mengasuh, mendidik, dan mengawasi anak sebab kesibukan sebagai ibu single parent yang menyandang dua posisi sebagai tulang punggung keluarga dan ibu untuk anaknya maka ibu single parent tersebut mengasuh anaknya dengan  memberikan kebebasan kepada anak, memaklumi segala perilaku anak, kurang menuntut tanggung jawab anak dan perilaku anak namun single parent tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk anaknya dengan segala keterbatasan waktu yang dimilikinya.

Keywords


Pola Asuh, Single Parent, Moralitas Anak

Full Text:

PDF

References


C.Drew, E. (2006). Ketika Anak Sulit Diatur:Panduan Bagi Orang Tua Untuk Mengubah Masalah Perilaku Anak. Bandung: Kaifa.

Depertemen Agama RI. (2014). Al-Qur’an Dan Terjemahnya. CV J-ART.

Hadi, M. F. Z., Yusuf, A. M., & Syahniar, S. (2013). Pemahaman Konselor Sekolah tentang Tugas Perkembangan Siswa dan Layanan yang Diberikan. Konselor, 2(1).

Hadi, M. F. Z., & Zubaidah, Z. (2015). Pemanfaatan Konseling Neuro Linguistic Programming dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Dakwah Risalah, 26(4), 174–182.

Husain, T. H. K. (1991). Konsep Ibu Teladan. Surabaya: Risalah Gusti.

L.N, H. S. Y. (n.d.). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mutiah, D. (2012). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Nurhayati, T. (2017). Wonderful Parenting. Yogyakarta: Psikologi Corner.

Prawira, P. A. (2014). Psikologi Kepribadian Dengan Perspektif Baru. Jogjakarta: Ar-Ruz Media.

Ruslan, R. (2008). Metode Penelitian Public Relation dan Komunikasi. Jakarta: PT Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/0.878941

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Laila Lathifatul Mudrikah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Indexed By: