Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepercayaan Diri Santri Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar

Neila Rahma Arfina

Abstract


Kajian ini berangkat dari pandangan bahwa kepercayaan diri salah satu aspek kepribadian yang dianggap penting dalam kehidupan manusia. Menilik gejala yang timbul, ternyata kebanyakan santri mengalami ketidakpercayaan diri. Kepercayaan diri seseorang dapat tumbuh dan berkembang melalui interaksi dengan lingkungan. Lingkungan yang dianggap memiliki peran utama dalam mengembangkan kepribadian dan menciptakan karakter seorang anak yakni keluarga. Sehingga dapat dikatakan perkembangan kepercayaan diri seseorang bermula dari lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lingkungan keluarga terhadap kepercayaan diri santri Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum Kecamatan Tapung. Model penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian 56 santri Pondok Pesantren Nahdlatul Ulum yang tingkat MTs dan MA. Untuk Menjawab permasalahan tersebut, penulis mengumpulkan data yang dibutuhkan melalui angket. Kemudian dianalisis secara Regresi Linear Sederhana dengan menggunakan bantuan perangkat koputer melalui aplikasi SPSS versi 17.0 (Statistical Product And Servise Solutions) for windows. Hasil penelitian memperlihatkan bahwa lingkungan keluarga berpengaruh signfikan terhadap kepercayaan diri, berdasarkan uji hipotesis (Uji Signifikan) ternyata nilai probabilitas α0.05 ≥  Sig (0.05 ≥ 0.006) dengan nilai pengaruh yang diperoleh melalui R Square sebesar 13,2 % dan nilai coeficient 0,364 pada rentang 0,200-0,400 yaitu berpengaruh rendah

Keywords


Lingkungan Keluarga, Kepercayaan Diri, Santri

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (1991). Psikologi Sosial. Jakarta: PT.Rineka Cipta.

Al-Uqshari, Y. (2005). Percaya Diri Pasti. Jakarta: Gema Insani.

Andarmoyo, S. (2012). Keperawatan Keluarga Konsep Teori, Proses dan Praktik Keperawatan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Darmawati, D. (2015). Hubungan Iklan Politik di Televisi terhadap Minat Memilih Masyarakat dalam Pemilihan Umum Presiden 2014 di Desa Simalinyang RT 30 RW 12 Kabupaten Kampar. Jurnal Dakwah Risalah, 26(3), 109–116.

Ghufron, M. N. (2012). Rini Risnawita S, Teori-Teori Psikologi. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Miftahuddin, M., Zatrahadi, M. F., Suhaimi, S., & Darmawati, D. (2019). TAREKAT NAQSABANDIYAH SEBAGAI TERAPI GANGGUAN MENTAL (Studi di Desa Besilam Kabupaten Langkat Sumatera Utara). Sosial Budaya, 15(2), 77–82.

Mudasir. (2015). Psikologi Pendidikan. Pekanbaru: STAI Nurul Falah Air Molek.

Suharsimi, A. (2006). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Syah, M. (2010). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Syamsu Yusuf LN. (2014). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/0.878931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Neila Rahma Arfina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Indexed By: