Implementasi Bimbingan Sosial Dalam Penyesuaian Diri Bagi Lanjut Usia Di Upt Pelayanan Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Pekanbaru

Alpianti Alpianti, Zulamri Zulamri

Abstract


Pada umumnya  lanjut usia merupakan bagian akhir dari perkembangan manusia yang selalu identik dengan berbagai macam permasalahan. Selain perubahan dari segi fisik, lanjut usia juga mengalami perubahan psikologis seperti kehilangan pasangan, teman-teman dekat, perasaan kehilangan karena ditinggal oleh anak-anaknya dan perubahan peran. Perubahan psikologis tersebut sering memengaruhi tingkah laku lanjut usia. Banyaknya lansia yang mengalami permasalahan dalam penyesuaian diri dengan lingkungan sekitar, teman sebaya dan lain-lain. Hal ini memerlukan bimbingan sosial untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi lansia tersebut. Peran psikolog dalam mengembangkan kemampuan penyesuaian diri lansia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Pekanbaru sangat berpengaruh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi bimbingan sosial dalam penyesuaian diri bagi lanjut usia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan dengan tipe deskriptif yang menjelaskan dan menafsirkan data yang ada. Informan dalam penelitian ini adalah psikolog di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Pekanbaru dan koordinator/pembimbing sosial di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Pekanbaru. Teknik pengumpulan data yang digunakan untuk mendapatkan data dan informasi adalah menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, penulis dapat menyimpulkan bahwa implementasi bimbingan sosial dalam penyesuaian diri bagi lanjut usia di UPT Pelayanan Sosial Tresna Werdha Khusnul Khotimah Pekanbaru menggunakan bimbingan secara langsung seperti pencerahan (ceramah), dikusi (menyampaikan pendapat), dan tanya jawab (wawancara).



Keywords


Bimbingan Sosial, Penyesuaian, dan Lanjut usia

Full Text:

PDF

References


Burhan, Bungin. 2008. Penelitian Kualitatif : Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, Dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Desmita. 2006. Psiklogis Perkembangan. Bandung: PT. Rosdakarya.

Fahmy, Prof. Dr. Musthafa. 1982. Penyesuaian Diri. Jakarta: N. V. Bulan Bintang.

Gunarsa, Singgih D. 2004. Bunga Rampai Psikologi Perkembangan Dari Anak Sampai Usia Lanjut. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.

Hibana S. Rachman. 2003. Bimbingan Dan Konseling Pola 17. Yogyakarta: UCY Press.

Jalaluddin. 2002. Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

RI, Departemen Agama. 2001. Al-Quran Dan Terjemahannya. Semarang: Semarang: PT Toha Putra.

Suardiman, Siti Partini. 2010. Psikologi Usia Lanjut,. Yogyakarta: Gajah Mada University Pres s.

Tika, Moh. Prabundu. 2006. Metodologi Riset Bisnis. Jakarta: Bumi Aksara.

W, Santrock John. 2002. Perkembangan Masa Hidup. 5th ed. ed. Juda Danamik. Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/0.877287

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Alpianti Alpianti, Zulamri Zulamri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Indexed By: