Efektivitas Pelaksanaan Layanan Bimbingan Pribadi Oleh Guru Bimbingan Konseling

Sawal Mahaly

Abstract


Pelaksanaan layanan bimbingan pribadi yang diberikan oleh guru bimbingan dan konseling di sekolah dari hasil observasi dan wawancara sudah dilaksanakan dengan baik namun ada sebagian peserta didik yang memiliki masalah pribadi tidak berani untuk datang sendiri ke ruangan konseling lebih banyak mencerikan masalahnya kepada teman sejawat. Dengan demikian layanan bimbingan pribadi perlu ditingkatkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan pribadi oleh guru bimbingan konseling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan sampel penelitian 66 orang. Metode penentuan sampel menggunakan quota sampling. Berdasarkan hasil penelitian skor tertingi pada aspek kemampuan individu memahami dirinya sendiri (56.1%), Kemampuan individu mengambil keputusan sendiri (53%), dan kemampuan individu memecahkan masalah adalah (56.1%). Dari hasil penelitian ini menggambarkan bahwa efektivitas pelaksanaan layanan bimbingan konseling oleh guru bimbingan dan konseling dengan nilai presentasi rata-rata adalah (55.1%) dalam kategori rendah.


 

Keywords


Layanan Konseling, Guru Bimbingan konseling, Bimbingan Pribadi

Full Text:

PDF

References


Amin, S. M. (2010). Bimbingan dan Konseling Islam. Jakarta: Amzah.

Aqib, Z. (2012). Ikhtisar Bimbingan Konseling di Sekolah. Bandung: Yrama Widya.

Dewa, S. (2005). Bimbingan dan konseling di sekolah. Bandung: Renika Cipta.

Emilya, E. (2014). Hubungan Persepsi Siswa Terhadap Layanan Konseling Individual dengan Tingkat Kepuasan Siswa Berkonseling di SMPN 1 Kebomas Gresik. Gresik: Pascasarjana Universitas Muhamadiyah Gresik.

Ernawati, I. (2016). Pengaruh Layanan Informasi dan Bimbingan Pribadi Terhadap Kedisplinan Siswa Kelas XII MA Cokroaminoto Wanadati Banjarnegara Tahun Ajaran 2014/2015. G-Counseling Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1-13.

Junierissa Marpaung, S. W. (2021). Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan Konseling di SMA Kota Batam. Educational Guidace and Counseling Development Journal, 1-9.

Khalilah, E. (2017). Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial dalam Meningkatkan Keterampilan Hubungan Sosial Siswa. Journal of Islam Guidance and Counseling, 41-57.

Mahaly, S. (2021). Kerjasama antara Guru BK dengan Guru Mata Pelajaran IPS dalam Membantu Kegiatan Belajar Siswa.Jurnal JIP- IPS, 1-6.

Maryam, A. S. (2007). Pengaruh Persepsi Kualitas Pelayanan Bimbingan Konseling Terhadap Kepuasan Siswa Memanfaatkan Pelayanan Bimbingan Konseling. Semarang: Pascasarjana UNS.

Prayitno, E. A. (2009). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

S, N. Y. (2015). Efektivitas Bimbingan Pribadi-Sosial Untuk Mengembangkan Kompetensi Intrapersonal Peserta Didik. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 26-44.

Soetjipto, R. K. (2007). Profesi Keguruan. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharni. (2016). Pemberian Layanan Bimbingan Pribadi Sosial dalam Menumbuhkan Perilaku Prososial Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Counsellia, 31-40.

Sukardi, D. K. (2008). Pengantar Pelaksanaan Program Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Susilowati, A. (2014). Kepuasan Siswa Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling di SMKN 1 Badegan Ponorogo. Hisbah, 145-162.

Syamsu Yusuf, A. J. (2011). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tohirin. (2011). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (berbasis integritas). Jakarta: Rajawali.

Tri Mega Ralasari, F. R. (2017). Program Bimbingan Pribadi Untuk Mengembangkan Potensi Diri. Jurnal Edukasi, 274-283.

Wati, I. A. (2018). Layanan Bimbingan dan Konseling Pribadi Sosial dalam Menumbuh Sikap Positif Siswa. Altazkiah, 91-111.

Winkel, W. S. (1997). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Jakarta: Gramedia.

Yunus, H. A. (2019). Kefektifitas Bimbingan Pribadi dalam Memecahkan Masalah Siswa Kurang Adaptasi di SMP Negeri 1 Tanete Rilau. Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1-9.

Yusuf, A. M. (2007). Metodologi Penelitian. Padang: UNP Pres.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v4i1.13238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sawal - Mahaly

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Indexed By: