Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Oleh Guru Bk di SMA Negeri 5 Mataram

Lalu Abdurrachman Wahid, Noffi Yanti, Etty Setiawati

Abstract


Penelitian ini untuk mengetahui Persepsi Siswa Terhadap Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Oleh Guru BK di SMA Negeri 5 Mataram. Penelitian ini diharapkan dapat mebantu guru BK dalam mengetahui persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan BK yang telah diberikan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode deskriptif. populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMA Negeri 5 Mataram berjumlah 1104 orang dan Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 234 siswa. Hasil penelitian secara keseluruhan menunjukkan distribusi frekuensi dan persentase dari enam indikator pelaksanaan layanan BK oleh guru BK di SMA Negeri 5 Mataram ditemukan bahawa pada indikator kedisiplinan dan penampilan guru BK dalam kategori baik sebanyak 61,97% . Indikator wawasan BK dalam kategori baik sebanyak 58,55%. Indikator bidang bimbingan dalam kategori baik sebanyak 67,09%. Indikator jenis layanan BK dalam kategori baik sebanyak 66,24%. Indikator kegiatan pendukung BK dalam kategori baik sebanyak 76,50%. Indikator kinerja dan keterampilan guru BK melaksanakan pelayanan BK di sekolah dalam kategori baik sebanyak 70,94%. Berdasarkan enam indikator yang diukur di atas, maka dapat disimpulkan bahwa secara keseluruhan persepsi siswa terhadap pelaksanaan layanan BK oleh guru BK di SMAN 5 Mataram menunjukkan dalam katagori baik yakni dengan sumbangan frekuensi 160 atau 68,38%

Keywords


Persepsi Siswa, Layanan Bimbingan dan Konseling, Guru BK

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2011). Prosedur Penelitian (Ed. Rev. V). Rineka Cipta.

Athiyyatun Najah. (2007). , “Hubungan Antara Persepsi Anak Terhadap Pola Asuh Orang Tua Dengan Prestasi Belajar.” , Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta, 18.

Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. (2003). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Balai Penataran Guru Mataram.

Erhamwilda. (2009). Konseling Islami. Graha Ilmu.

Ganita Komalasari, E. W. dan karsih. (2014). Teori dan Teknik Konseling. Indeks.

Latipun. (2001). Psikologi Konseling. UMM Press.

Margono. (2010). Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Nana Syaodih Sukmadinata. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Remaja Rosakarya.

Salahudin, A. (2010). Bimbingan dan Konseling. Pustaka Setia.

Sugiyono. (2014). Statistika Untuk Penelitian. Alfabeta.

Sugiyono. (2016). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Alfabeta.

Suhernan. (2005). Psikologi Kognitif. Srikandi.

Tri Rusmi Widayatun. (2009). Ilmu Perilaku. Sagung Seto.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v3i2.12583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 noffi yanti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Indexed By: