Pengembangan Modul Braille Pendidikan Kesehatan Reproduksi Bagi Remaja Tunanetra

Istqomah Istqomah, Ro'fah Ro'fah

Abstract


Penelitian dilaksanakan dengan tujuan untuk mengetahui pengembangan modul Braille pendidikan kesehatan reproduksi, mengetahui hasil validasi ahli dan praktisi serta mengetahui kelayakan modul Braille pendidikan kesehatan repoduksi bagi remaja tunanetra. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode research and development/ R&D. Penelitian research and development digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji efektifitas produk tersebut. Subjek penelitian adalah 1 ahli media dan ahli materi, 1 guru bimbingan konseling, 3 siswa tunanetra, 6 peer reviewer. Hasil penelitian disimpulkan bahwa presentase tertinggi dengan nilai 98,18% adalah guru bimbingan konseling, sedangkan hasil terendah diperoleh nilai presentase 88,16% adalah hasil dari peer reviewer. Selanjutnya hasil penilaian presentase dari ahli materi 95%, ahli media Braille dengan hasil perolehan presentase sebesar 90%, kemudian hasil penilaian terakhir oleh siswa dengan perolehan presentase sebesar 88,33%. Secara keseluruhan hasil presentase memperoleh kategori sangat baik, karena hasil presentase berada dalam penilaian interval yaitu 80% - 100% dengan kategori sangat baik. Jadi, berdasarkan hasil presntase tersebut pengembangan modul Braille pendidikan kesehatan reproduksi bagi remaja tunanetra layak digunakan.

 

 


Keywords


Pendidikan Kesehatan Reproduksi, RemajaTunanetra, pengembangan modul Braille

Full Text:

PDF

References


Adegbenro, Caleb. A., Adeniyi, J. D., & Oladepo, O. (2006). Effect of Training Programme on Secondary Schools Teachers’ Knowledge and Attitude Towards Reproductive Health Education In Rural Schools Ile-Ife, Nigeria. African Journal of Reproductive Health, 10, No 03.

Ali, M., Ayaz Bhatti, M., & Ushijima, H. (2004). Reproduksi Health Needs of Adolecent Males Rural Pakistan: An Exploratory Study. Tohoku J. Exp. Med, 204.

Awusabo-Asare, K., Biddlecom, A., Kumi-Kyereme, A., & Patterson, K. (2006). Adolescent sexual and reproductive Health in Ghana: Results From the 2004 National Survey of Adolescents. Occasional Repport, 22.

Dubarstein Lindberg, L., Ku, L. gh ton, & Sonenstein, F. (2000). Adolescents’ Reports of Reproductive Health Education, 1988 and 1995: Vol. 32 (5). Family Planning Perspective.

Friend, M., & Bursick, W. D. (2012). Including Student with Special Needs: A Practical Guide for Classroom Teacher (Sixth Edition). USA:Pearson.

Indriastuti, F. (2015). Efektifitas Media Pembelajaran Audio Melalui Cerita Pendidikan Berkarakter Untuk Tunanetra Jenjang SMP. Media Cerdiktera, No. 01.

Li, P., Lau, Aga Mohd Jaladin, R., & Sharil Abdullah, H. (2013). Understanding The Two Sides of Online Counseling and Their Ethical and Legal Ramifications. Procedia-Social and Behavior Sciences, 103.

Lutfi Ghazali, P. (t.t.). Pengmabangan Buklet Sebagai Media Pendidikan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja Tunanetra. JKKI-Jurnal Kedokteran dan Kesehatan Indonesia.

M. Denno, D., J. Hoopes, A., & Chandra-Mouli, V. (2015). Effective Stategies To Provide Adolescent and Reproductive Health Services and to Increase Demand and Community Support. Journal of Adolescent Health, 56.

Mutiara Mir’atannisa, I. (2017). Resiliensi Mahasiswa Tunanetra (Studi Kasus Terhadap Mahasiswa Tunanetra tidak dari Lahir di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta). E-Journal Bimbingan dan Konseling.

Pamungkas, S. D., Debbiyantina, Kusumastuti, A., & Winaney. (2019). Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Pengetahuan Kesehatan Reproduksi Remaja Tunanetra di Salah Satu Panti Sosial Jakarta Timur. The Southeast Asian Journal Of Midwifery, 5, No 01.

Sa’adah, S. (2020, Januari 23). Sistem Belajar Mengajar [Komunikasi pribadi].

Somantri, S. (2012). Psikologi Anak Luarbiasa. PT. Refika Aditama.

Speizer, I. S., Magnani, R. J., & Colvin, C. E. (2003). The Effectiveness of Adolescent Reproductive Health Interventions in Developing Countries: A Review of the Evidence. Journal Of Adolescent Health, 33(5). https://doi.org/10.1016/S1054-139X(02)00535-9

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif R &D. Alfabeta.

Trumbul, A., Trumbul, R., Wehmeyer, M. L., & Shogren, K. A. (2013). Exceptional Lives: Special Education In Today’s Schools (Seventh Edition). USA:Pearson.

Wahba, M., & Roudi-Fahimi, F. (2012). The Need For Reproductive Health Education In Schools In Egypt. Policy Brief.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/ittizaan.v3i2.12109

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Istqomah isti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Indexed By: