Konseling Teman Sebaya Berbasis Islam dalam mengurangi Kecemasan Mahasiswa Menghadapi Tantangan Masyarakat Modern

Mufida Istati, Anwar Hafidzi

Abstract


The application of Islamic-based peer counseling to help students reduce anxiety in facing the challenges of modern society is based on the concept of cosmopolitan Islamic education which aims to achieve a balance between normative tendencies and freedom of thought. The method used is literature study with a qualitative approach to the relevance of the theory of counseling based on Q.S. Al-Insyirah verses 1-8. Peer counseling is designed through a halaqah approach. The findings of this study were peer counseling through the stages of the halaqah approach which functioned preventively preventive), curative (healing), preservative (maintenance) and development (development). The halaqah mechanism in increasing the ability to face problems through an internalization process which consists of three stages, namely ta'lim/ transformation, takwin/ transaction, and tanfidz/ transinternalization. The result of these three processes is the formation of the ability to cope with stress, namely thinking positively, acting positively, and expecting positively.

ABSTRAK

Penelitian ini membahas tentang penerapan konseling teman sebaya berbasis Islam untuk membantu mahasiswa mengurangi kekurangan dalam menghadapi tantangan masyarakat modern berdasar konsep pendidikan Islam kosmopolitan yang mencapai keseimbangan antara kecenderungan normatif dan kebebasan berfikir. Metode yang digunakan adalah studi pustaka dengan pendekatan kualitatif terhadap relevansi teori konseling berdasar dari Q.S. Al-Insyirah  ayat 1-8. Temuan penelitian ini adalah konseling teman sebaya melalui tahapan pendekatan halaqah yang erfungsi secara preventif (pencegahan), kuratif (penyembuhan), reservatif (pemeliharaan) dan pengembangan (pengembangan). Sementara itu, halaqah dalam meningkatkan kemampuan menghadapi masalah adalah melalui proses internalisasi yang terdiri dari tiga tahap yakni ta’lim/ tranformation, takwin/ transaction dan tanfidz/ transinternalisasi. Hasil dari ketiga proses tersebut adalah terbentuknya kemampuan dalam coping stres yaitu berpikir positif, bertindak positif dan harapan positif.


Keywords


Konseling; Teman; Tantangan; Modern.

Full Text:

PDF

References


Akhmadi, A. (2016). Pendekatan Konseling Islam Dalam Mengatasi Problema Psikologis Masyarakat. Inovasi-Jurnal Diklat Keagamaan, 10(4), 375–385.

Anissa, L. M., Suryani, S., & Mirwanti, R. (2018). Tingkat kecemasan mahasiswa keperawatan dalam menghadapi ujian berbasis computer based test. MEDISAINS, 16(2), 67–75.

Aryati, S. (2019). Tantangan perguruan tinggi di era revolusi industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 12(01).

Asry, L. (2019). Modernisasi dalam Perspektif Islam. At-Tanzir: Jurnal Ilmiah Prodi Komunikasi Penyiaran Islam, 126–136.

Astuti, D. Kecemasan dalam mendapatkan pekerjaan pada mahasiswa BKI Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.Skripsi Tidak Diterbitkan. Program Studi Bimbingan dan Konseling Islam. Fakultas Dakwah dan Komunikasi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. (2016)

Boamah, F., & Rothfuß, E. (2020). ‘Practical recognition’as a suitable pathway for researching just energy futures: Seeing like a ‘modern’electricity user in Ghana. Energy Research & Social Science, 60, 101324.

Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh media sosial terhadap perubahan sosial masyarakat di Indonesia. Jurnal Publiciana, 9(1), 140–157.

Faqih, M. F. (2020). Pengaruh dukungan sosial teman sebaya terhadap stres akademik mahasiswa Malang yang bekerja (PhD Thesis). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Fitriah, A. (2013). Pemikiran Abdurrahman Wahid tentang Pribumisasi Islam. Teosofi: Jurnal Tasawuf Dan Pemikiran Islam, 3(1), 39–59.

Hafidzi, A. (2019). Konsep Toleransi Dan Kematangan Agama Dalam Konflik Beragama Di Masyarakat Indonesia. Potret Pemikiran, 23(2), 51–61.

Hafidzi, A., & Hayatunnisa, E. (2018). Kriteria Poligami serta Dampaknya melalui Pendekatan Alla Tuqsitu Fi al-Yatama dalam Kitab Fikih Islam Wa Adillatuhu. Syariah: Jurnal Hukum Dan Pemikiran, 17(1).

Hanifa, R., & Santoso, M. B. (2016). Cognitive Restructuring dan Deep Breathing untuk Pengendalian Kecemasan pada Penderita Fobia Sosial. Share: Social Work Journal, 6(2), 230.

Harahap, A. S. (2018). Metode Pendidikan Islam Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Hikmah, 15(1), 8.

Hasbullah, M., & Murad, M. H. S. A. (2018). The Rise of Modern Science: Islam and the West. Philosophy East and West, 68(1), 78–96.

Hidayat, M. F. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam dalam Pandangan Prof. Dr. Harun Nasution (PhD Thesis). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Karo, T. K. (2017). Modernisasi Pendidikan Islam di Mesir. E-Journal STAI As-Sunnah Deli Serdang, 2(2), 24–24.

Kesuma, G. C. (2017). Pemberdayaan Pendidikan Islam dalam Upaya Mengantisipasi Kehidupan Masyarakat Modern. Al-Tadzkiyyah, 8(1), 177531.

Maghfuri, A. Islam Kosmopolitan dalam Pandangan KH. Abdurrahman Wahid dan Implikasinya Terhadap Konsep Pendidikan Islam Indonesia. Skripsi. Yogyakarta: Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga, 2015.

Marandika, D. F. (2018). Keterasingan Manusia menurut Karl Marx. TSAQAFAH, 14(2), 229–322.

Martin, R. D., & Naziruddin, Z. (2020). Systematic review of student anxiety and performance during objective structured clinical examinations. Currents in Pharmacy Teaching and Learning. doi: 10.1016/j.cptl.2020.07.007

Matondang, A. (2019). Dampak Modernisasi terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat. Wahana Inovasi: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat UISU, 8(2), 188–194.

Munawwaroh, A. (2019). Keteladanan Sebagai Metode Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 141–156.

Musthofa, I. (2019). Modernisasi Pendidikan Islam Pesantren Dalam Tinjauan Filosofis Metodologis. At-Tarbiyat: Jurnal Pendidikan Islam, 2(2), 127–139.

Prasetiawan, H. (2016). Konseling teman sebaya (peer counseling) untuk mereduksi kecanduan game online. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 1–13.

Pulungan, D. R., & Febriaty, H. (2018). Pengaruh gaya hidup dan literasi keuangan terhadap perilaku konsumtif mahasiswa. Jurnal Riset Sains Manajemen, 2(3), 103–110.

Rai, N. G. M., Savitri, E. D., & Ratu, A. (2018). Pengembangan Layanan Pusat Karir sebagai Strategi Membentuk Karakter yang Tangguh dalam Membangun Perencanaan Karir Mahasiswa Di Era Revolusi Industry 4.0. IPTEK Journal of Proceedings Series, (5), 139–148.

Riyadi, H. (2016). Koeksistensi Damai dalam Masyarakat Muslim Modernis. Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama Dan Sosial Budaya, 1(1), 18–33.

Riyanto, B. (2017). Hibriditas Budaya Indies Dan Pengaruhnya Terhadap Gaya Desain Grafis Indonesia Kontemporer. Mudra, 32(1), 195238.

Satya, V. E. (2018). Strategi Indonesia Menghadapi Industri 4.0. Info Singkat, 10(9), 19–24.

Septiani, T., & Fitria, N. (2016). Hubungan antara resiliensi dengan stres pada mahasiswa sekolah tinggi kedinasan. Jurnal Penelitian Psikologi, 7(2), 59–76.

Siswati, V. (2017). Tafsir Pemikiran Abdurrahman Wahid Dalam Modernisasi Pendidikan Pesantren di Indonesia. Qolamuna: Jurnal Studi Islam, 3(1), 55–64.

Sudarsana, I. K. (2016). Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1), 1–14.

Suwardana, H. (2018). Revolusi Industri 4. 0 Berbasis Revolusi Mental. JATI UNIK: Jurnal Ilmiah Teknik Dan Manajemen Industri, 1(2), 109–118.

Trisiana, A. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pendidikan Kewarganegaraan Sebagai Inovasi Pengembangan Di Era Media Digital Dan Revolusi Industri 4.0. Jurnal Global Citizen: Jurnal Ilmiah Kajian Pendidikan Kewarganegaraan, 7(1).

Yuristia, A. (2017). Keterkaitan Pendidikan, Perubahan Sosial Budaya, Modernisasi dan Pembangunan. IJTIMAIYAH Jurnal Ilmu Sosial Dan Budaya, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/0.8710505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Mufida Istati, Anwar Hafidzi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 Indexed By: