TIME VALUE OF MONEY DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Leny Nofianti

Abstract


Abstrak

Konsep dan aplikasi nilai waktu uang (time value of money) dalam Islam berbeda dengan sistem konvensional, meskipun kedua-duanya menghasilkan tambahan ke atas harga barang yang dikontrakkan. Tambahan (ziyadah) yang dihasilkan melalui pemakaian konsep nilai waktu uang dalam Islam tidak dianggap sebagai riba yang diharamkan. Tetapi tambahan yang didapatkan dari aplikasi nilai waktu uang dalam sistem konvensional dianggap riba hakiki.

Konsep nilai waktu uang mempunyai ciri yang berbeda antara penggunaannya dalam Islam dan sistem konvensional. Perbedaannya yang paling menonjol adalah dalam Islam bahwa uang bukanlah komoditas, dan nilai waktu uang dalam sistem konvensional membolehkan riba yang jelas diharamkan dalam Islam.

 

Keywords: Time Value of Money, Perspektif Islam, Konvensional

Full Text:

PDF

References


Indriyo Gitosudarmo dan Basri, Manajemen Keuangan, (Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta, 2002), hlm. 121.

Iggi H. Achsien, Investasi Syariah di Pasar Modal : Menggagas Konsep dan Praktek Manajemen Portofolio Syariah, (Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2003), hlm. 45.

International Shari’ah Research Academy for Islamic Finance, Islamic Financial System: Principles and Operations, (Kuala Lumpur: Isra, 2012), hlm. 90.

James C. Van Horne dan John M. Wachowicz, Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan, (Terj. Dewi Fitriasari dkk), (Jakarta: Salemba Empat, 2005), hlm. 60.

Jalaluddin Muhammad, Tafsir al-Jalalain, (Beirut: Maktabah al-Salafiyah, t.t), hlm. 271; Muhammad Ali al-Shabuni, Shafwat al-Tafasir, Jilid II, (Kairo: Dar al-Shabuni, t.t), hlm. 262.

Lukas Setia Atmaja, Teori dan Praktik Manajemen Keuangan, (Yogyakarta: Andi Offset, 2008), hlm. 65.

Manahan P. Tambulon, Manajemen Keuangan: Konseptual, Problem dan Studi Kasus, (Bogor:Ghalia Indonesia, 2005), hlm. 110.

Mohamed Fairooz bin Abdul Khir, Konsep Nilai Masa Wang dari Perspektif Islam dan Aplikasinya dalam Produk-Produk Perbankan Islam di Malaysia, (Disertasi yang tidak dipublikasi), (Kuala Lumpur: University Malaya, 2011), hlm. 371.

Sudarsono dan Edilius, Kamus Ekonomi: Uang dan Bank, (Jakarta: Rineka Cipta, 2001), hlm. 246.

William R. Lasher, Financial Management: a Practical Approach, (USA: Thomson South-Westren, 2008), hlm. 221.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v10i2.7523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.