DAMPAK SISTEM PENGENDALIAN INTERNAL, PRILAKU TIDAK ETIS, DAN MORALITAS MANAJEMEN TERHADAP KECENDERUNGAN KECURANGAN AKUNTANSI PADA PERUSAHAAN DEVELOPER DI PEKANBARU

Febri Rahmi, Asni Sovia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak penerapan sistem pengendalian internal, perilaku tidak etis dan moralitas manajemen terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Sampel penelitian ini adalah staf akuntansi.   pada perusahaan developer di Pekanbaru. Teknik sampel adalah dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data adalah kuesioner. Analisis data dengan menggunakan regresi linear berganda.

Berdasarkan analisis statistik secara parsial menemukan: 1) hipotesis pertama, kedua dan ketiga diterima (sig 0,006, sig 0,004, sig 0,000) yaitu sistem pengendalian internal, perilaku tidak etis dan moralitas manajemen berpengaruh signifikan terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Besarnya pengaruh sistem  pengendalian internal, perilaku tidak etis dan moralitas manajemen terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi  sebesar 51%, sisanya 49%  dipengaruhi oleh variabel lain.

Keywords


Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Perilaku Tidak Etis, Moralitas Manajemen, Kecenderungan Kecurangan Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Adelin,Vani, 2009. Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Ketaatan Aturan Akuntansi, Dan Perilaku tidak Etis Terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Skripsi Program Sarjana Ekonomi Universitas Negeri Padang.

Efendi. Rozi. 2010. Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi kecenderungan terjadinya kecurangan Akuntansi. Skripsi Program Sarjana Universitas Islam Negeri Pekanbaru.

Frilia, Figna. 2015. Pengaruh asimetri informasi, sistem pengendalian intern, dan kesesuaian kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi (studi empiris pada bank swasta yang ada di pekanbaru). Jurnal Ekonomi dan ilmu sosial, VOL.2 NO. 3-5

Griffin, Ricky W dan Ebert, Ronald j. 2007. Binis. Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga.

Ikhsan, Arfan dan Ishak, Muhammad. 2005. Akuntansi Keperilakuan.Salemba Empat.Jakarta.

Kompas.com. 2014. Catat, Ini 10 Pengembang yang Kerap Diadukan Konsumen. http://multiparadigma.lecture.ub.ac.id/files/2014/09/034.pdf Diakses 20 januari 2017.

Kusumastuti, Nur Ratri. 2012. “Analisis Faktor-Faktor yang Berpengaruh terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi dengan Perilaku Tidak Etis Sebagai Variabel Intervening” (skripsi). Semarang: Unversitas Diponegoro.

Mustika, Sri Hastuti , Sucahyo Heriningsih. 2016.Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Kecenderungan Kecurangan(Fraud): Persepsi Pegawai Dinas Kabupaten Way Kanan Lampung. Simposium Nasional Akuntansi XIX. Lampung.

Pradnyani, Niluh Putu Normadewi Abdi. 2014. Pengaruh kefektifan pengendalian internal , ketaatan aturan akuntansi. Dan asimetri informasi pada akuntabilitas organisasi dengan kecenderungan kecurangan akuntansi sebagai variabel intervening (Tesis). Program Pascasarjana Universitas Udayana. Denpasar.

Rahmawati, Ardina P. 2012. Analisis pengaruh faktor internal dan moralitas manajemen terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi. Skripsi Program Sarjana Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Diponegoro

Robbins, Stephen. P. 2006. Perilaku Organisasi (Drs. Benjamin Molan), Edisi Bahasa Indonesia, PT. Intan Sejati, Klaten.

Satyawati, Wilma, F. 2014. “ Pengaruh Sistem Pengendalian Internal, Moralitas Manajemen, dan Kesesuaian Kompensasi terhadap kecenderungan kecurangan akuntansi (Studi Kasus Pada Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Istimewa Yogyakarta). Skripsi Program Sarjana Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Sustriana. 2015. Pengaruh Pengendalian Internal, Keataatan aturan akuntansi , sikap tidak Etis dan Tingkat Pengalaman Manajer terhadap Kecenderungan Kecurangan Akuntansi. Skripsi Program Sarjana Universitas Islam Negeri Pekanbaru.

Thoyibatun, Siti. 2009.Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Perilaku Tidak Etis dan Kecenderungan Kecurangan Akuntansi Serta Akibatnya terhadap Kinerja Organisasi”. Jurnal Ekonomi dan Keuangan ,Universitas Negeri Malang.

Tribun Timur. 2015. Hati – Hati Kasus Properti Terbanyak Kedua Setelah Perbankan. http://makassar.tribunnews.com/2015/01/04/sekali-lagi-hati- hati-beli-properti-ini-masalahnya.Diakses tanggal 24 januari 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v13i1.4388

Refbacks

  • There are currently no refbacks.