PENGARUH KEPEMIMPINAN DAN KOMPENSASI TERHADAP KINERJA KARYAWAN BANK RIAU KEPRI CABANG UTAMA PEKANBARU

Zulhaida Zulhaida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya pengaruh kepemimpinan dan imbalan terhadap Kinerja Karyawan Bank Riaukepri Cabang Utama Pekanbaru. Adapun yang menjadi objek penelitian adalah para karyawan Bank Riaukepri Cabang Utama Pekanbaru.Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan Bank Riaukepri Cabang Utama Pekanbaru sebanyak 145 orang. Jumlah sampel adalah 107 orang responden berdasarkan rumus Slovin. Jenis data yang diperlukan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sumber data primer diperoleh dari hasil penelitian secara empiris melalui penyebaran kuesioner kepada para karyawan Bank Riaukepri Cabang Utama Pekanbaru selaku responden. Sedangkan sumber data sekunder penulis peroleh dalam bentuk yang sudah jadi diantaranya adalah tentang profil Bank Riaukepri Cabang Utama Pekanbaru. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan kuesioner. Alat analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi linier berganda.Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara bersama-sama, kepemimpinan (X1) dan kompensasi (X2) berpengaruh terhadap kinerja karyawan (Y). Terbukti dari hasil perhitungan F-hitung = 80,258 lebih besar dari F-tabel = 3,08 dengan tingkat signifikan 0,000. Secara parsial, variabel kepemimpinan (X1) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, variabel kompensasi (X2) berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan. Hal ini terbukti dari nilai t-hitung masing-masing variabel bebas lebih besar dari nilai t tabel.


Keywords


Kinerja, Kepemimpinan, Kompensasi.

Full Text:

PDF

References


Anoraga, Pandji, 2004, Manajemen Bisnis, Cetakan Ketiga, Rineka Cipta. Jakarta.

Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro : Semarang

Handoko, T. Hani, 2003, Manajemen. Edisi Kedua, Penerbit : Penerbit Liberty, Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S. P, 2005, Manajemen Sumber Daya Manusia, PT. Bumi Aksara, Jakarta

Korte, Russel F., Wong, Chermack, Thomas J., 2006. Changing Organizational Culture With Scenario Planning. University of Minnesota.

Lako, Andreas, 2004, Kepemimpinan dan Kinerja Organisasi, Isu, Teori, dan Solusi, Cetakan Pertama, Penerbit : Amara Books, Yogyakarta.

Mangkunegara, A. A. Anwar Prabu. 2007. Evaluasi Kinerja SDM. Refika Adiatama: Bandung.

Mangkuprawira, Tb. Sjafri. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia Strategik, Cetakan Ketiga. Ghalia : Jakarta.

Mas’ud, Fuad. 2004, Survai Diagnosis Organisasional (Konsep dan Aplikasi), Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Mathis, Robert L dan Jackson. 2006. Manajemen Sumber Daya Manusia. Salemba Empat. Jakarta.

Panggaben, Mutiara S. 2002. Manajemen Sumber Daya Manusia. Ghalia Indonesia : Jakarta.

Sugiyono. 2005. Metode Penelitian Bisnis. Alfabeta: Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v13i1.4386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.