ANALISIS PERSEPSI DAN PREFERENSI MASYARAKAT PESANTREN TERHADAP BANK SYARIAH (Studi pada Masyarakat Pesantren di Kota Pekanbaru)

Sehani Sehani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat pesantren di kota Pekanbaru terhadap bank syariah dan untuk mengetahui preferensi masyarakat pesantren di kota Pekanbaru terhadap bank syariah. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana persepsi masyarakat pesantren di kota Pekanbaru terhadap bank syariah dan bagaimana preferensi masyarakat pesantren di kota Pekanbaru terhadap bank syariah. Objek penelitian adalah masyarakat pesantren yang ada di kota Pekanbaru. Populasi adalah masyarakat pesantren di kota Pekanbaru yang terdiri dari guru dan santri pesantren di kota Pekanbaru yang berjumlah 923 orang.  Jumlah sampel adalah sebanyak 100 orang responden. Metode pengambilan sampel dilakukan dengan metode sampel acak sederhana (simple random sampling). Dalam penelitian ini terdapat dua variabel yaitu variabel persepsi dan variable preferensi. Teknik  analisa data menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi masyarakat pesantren terhadap bank syariah di kota Pekanbaru adalah baik dan preferensi masyarakat pesantren terhadap bank syariah di kota Pekanbaru baik. Dari hasil uji-t diperoleh hasil bahwa nilai t-hitung untuk variabel persepsi sebesar 32,403, untuk variabel preferensi nilai t-hitung sebesar -34,168 dengan tingkat signifikansi 0,000 dari masing-masing variabel. Maka dapat disimpulkan bahwa model statistik deskriptif ini bisa digunakan untuk menguji persepsi dan preferensi masyarakat pesantren terhadap bank syariah di kota Pekanbaru.

Keywords


persepsi, preferensi, masyarakat pesantren

Full Text:

PDF

References


Antonio, Syafii, 2006. Bank Syariah Bagi Bankir dan Praktisi Keuangan, Jakarta : Tazkia Institute.

Arikunto, Suharsimi, 2005. Prosedur Penelitian, Jakarta : Rineka Cipta

Bungin, Burhan, 2004. Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Airlangga University Press.

Chapra, Umer, 2005. The Future of Economics an Islamic Perspective. Jakarta : Asy Syaamil Press & Grafika.

Departemen Agama RI Direktorat Pembinaan Perguruan Tinggi Agama Islam dan Direktorat Jendral Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 2000, Direktori Pondok Pesantren. Jakarta

Hamidi, M Luthfi, 2006. Jejak-jejak Ekonomi Syariah, Jakarta : Senayan Abadi Publishing.

Karim, Adiwarman, 2004. Bank Islam Analisis Fiqih dan Keuangan, Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Kasmir, 2008.Bank dan Lembaga Keuangan Lainnya, Jakarta: Rajawali Pers.

Koentjaraningrat, 2004, Metode-Metode Penelitian Masyarakat, Gramedia, Jakarta.

Kotler.P, 2009. Manajemen Pemasaran. PT.Prenhallindo, Jakarta.

Kuncoro, Mudjarad, 2007, Metode Kuantitatif Teori dan Aplikasi untuk Bisnis dan Ekonomi. IPD STIM YKPN, Yogjakarta

Moleong, Lexy.J, 2005, Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung.

Narbuko, Chalil, Abu Achmadi, 2004, Metodologi Penelitian, Penerbit Bumi Askara, Jakarta.

Sarwono, J. 2009. Statistik Itu Mudah. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Santoso, S. 2005. Buku Latihan SPSS Statistik Multivariat. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono, 2005.Metode Penelitian Bisnis, Bandung, Alfabeta.

Suharso, Puguh, 2010. Model Analisis Kuantitatif. Indeks, Jakarta.

Suprayitno, Eko, 2005. Ekonomi Islam Pendekatan Ekonomi Makro Islam dan Konvensional, Jakarta : Graha Ilmu.

Umar, Husein, 2005, Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, PT Gramedia Pustaka Utama ekerjasama dengan Jakarta Business Research Center (JBRC).

Widya, Rani L. 2006. Preferensi dan Permintaan Masyarakat terhadap Produk – Produk Bank Syariah (Studi Kasus : Bank BTN Syariah dan Bank BNI Syariah di Yogyakarta). Skripsi Universitas Islam Indonesia Fakultas Ekonomi Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v13i1.4385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.