Perkembangan Balance Scorecard di Indonesia

Nanny Handayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mendokumentasikan perkembangan penelitian terkait BSC di Indonesia sehingga dapat menjadi bahan literatur review untuk penelitian selanjutnya. Penelitian ini menggunakan metode “Charting the Field” yang dikembangkan oleh Hesford et al. (2007) dengan populasi berupa jurnal nasional dan internasional terakreditasi yang meneliti penggunaan konsep BSC di Indonesia dan sampel 20 artikel dalam kurun waktu tahun 2000 – 2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa BSC dapat diimplementasikan di berbagai jenis organisasi, dengan fokus pada perspektif pelanggan bagi organisasi sektor publik, sesuai dengan tujuan pendiriannya. Kesuksesan implementasi BSC akan berbeda antar organisasi, karena setiap organisasi memiliki keunikan tersendiri dalam proses implementasi yang digunakan. Untuk penelitian terkait BSC selanjutnya, dapat dilakukan pada berbagai organisasi yang berada pada sektor atau jenis yang serupa, dan tidak terbatas pada satu organisasi sehingga dapat melihat implementasi BSC secara lebih luas. Selain itu untuk penelitian pada sektor publik, dapat memfokuskan pada sejauh mana perspektif pelanggan berperan pada pencapaian kinerja organisasi, sesuai dengan tujuan organisasi dalam memberikan pelayanan bagi publik.


Keywords


Balance Scorecard; Indonesia

References


Abdullah, S. S. dan Wijaya, A. R. 2017. Pengembangan Balance Scorecard (BSC) dalam penerapan teaching factory di Politeknik ATK Yogyakarta. BENEFIT Jurnal Manajemen dan Bisnis. 2(2):175-189.

Anggraini, Z. T. dan Nuraina, E. 2014. Penerapan Balanced Scorecard sebagai alat ukur kinerja pada Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Harjono Ponorogo. Jurnal Akuntansi dan Pendidikan. 3(2):75-85.

Cahyono, D. 2000. Pengukuran kinerja Balanced Scorecard untuk organisasi sektor publik. Jurnal Bisnis dan Akuntansi. 2(3):284-293.

Christina, N. P. Y. dan Sudana, I. P. 2013. Penilaian kinerja pada PT Adhi Karya dengan pendekatan Balanced Scorecard. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 5(3):516-529.

Ciptani, M. K. Balanced Scorecard sebagai pengukuran kinerja masa depan : suatu pengantar. Jurnal Akuntansi & Keuangan. 2(1) 21-35.

Dewi, M. W. 2015. Pengaruh perilaku kepemimpinan transformasional terhadap penilaian kinerja ditinjau dari perspektif learning and growth dalam Balance Scorecard di Rumah Sakit Umum Daerah Karanganyar. Jurnal Akuntansi dan Pajak. 15(02)

Hamid, N. 2018. Factor analysis for Balanced Scorecard as measuring competitive advantage of infrastructure assets of owned-state ports in Indonesia : Pelindo IV, Makassar, Indonesia. International Journal of Law and Management.

Hamid, N. 2018. The relationship between Balanced Scorecard perspective and competitive advantage of infrastructure assets of state-owned port in Indonesia: Pelindo IV, Makassar, Indonesia. Journal of Management Development.

Hilton, R. W., and Platt, D. E. (2014). Managerial Accounting : Creating Value in a Dynamic Business Environment, Eleventh Edition, Mc Graw Hill Education, New York. 816 hlm.

Ikhsan, S. 2009. Penerapan Balance Scorecard sebagai tolak ukur kinerja pada KPRI di Jawa Tengah. Jurnal Dinamika Akuntansi. 1(2):117-124.

Kamayanti, A. 2010. Introducing a “balance” in the BSC through beauty and love. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. 1(1):42-56.

Kaplan, R. S. dan Norton, D. P. 1992. The Balanced Scorecard – measures that drive performance. Harvard Business Review.

Muda, I., Erlina, Yahya, I., dan Nasution, A. A. 2018. Performance audit and Balanced Scorecard perspective. International Journal of Civil Engineering and Technology (IJCIET). 9(5):1321-1331.

Niviari, N. 2008. Six Sigma, Balance Scorecard, dan kaitannya dengan audit manajemen. Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Bisnis. 3(1).

Nor, W. 2012. Penerapan Balanced Scorecard pada pemerintah daerah. AUDI Jurnal Akuntansi & Bisnis. 7(2):280-292.

Nurcahyo, R., Pustiwari, S., dan Gabriel, D. S. 2018. Developing a strategy map based on sustainability Balanced Scorecard framework for manufacturing industry in Indonesia. Internasional Journal of Engineering & Technology. 7(2.34):48-51.

Pebrianata, I. W. G. S. dan Putri, I. G. A. M. A. D. 2014. Analisis komparasi kinerja berbasis Balanced Scorecard pada LPD di Kecamatan Denpasar Timur. E-Jurnal Akuntansi Universitas Udayana. 6(2):340-354.

Prabandari, K. A. T dan Putri, I. G. A. M. A. D. 2019. Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Klungkung berdasarkan metode Balance Scorecard. E-Jurnal Akuntansi. 29(3):997-1011.

Retnani, E. D. 2006. Penentuan Key Performance Indicators pimpinan unit satuan kerja dengan konsep Balanced Scorecard. Ekuitas. 13(3):349-370.

Rhodes, J., Walsh, P. dan Lok. P. 2008. Convergence and divergence issues in strategic management – Indonesia’s experience with the Balanced Scorecard in HR management. The International Journal of Human Resource Management. 19(6):1170-1185.

Risman, Kementrian Keuangan dan Balance Scorecard. 15 Agustus 2016. https://kemenkeu.go.id/publikasi/artikel-dan-opini/kementerian-keuangan-dan-balanced-scorecard/. Diakses pada 19 Desember 2020.

Silviana, E., Nurulita, S., dan Yuliantoro, H. R. 2019. Analisis pengukuran kinerja dengan konsep Balanced Scorecard pada PT Bumi Hijau Puri Persada. 12(1):9-18.

Suartana, I. W. dan Ariyanto, D. Analisis kinerja internal, Balanced Scorecard dan pengembangan keuangan mikro berkelanjutan (studi pada lembaga perkreditan desa di Provinsi Bali). Jurnal Akuntansi & Auditing. 9(1):56-69.

Sudirman, I. 2012. Implementing Balanced Scorecard in Higher Education Management Case Study:Hasanuddin University of Indonesia. International Journal of Business and Social Science. 3(18):199-204.

Sumani. 2016. Pengukuran kinerja bisnis melalui pendekatan Balanced Scorecard dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Ekuitas:Jurnal Ekonomi dan Keuangan.20(4):455-472.

Susanto, I., Taman, A., dan Sukirno. 2004. Balanced Scorecard sebagai alat pengukuran kinerja manajemen (studi kasus pada PT Sari Husada). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia. III(1):40-50.

Tampubolon, H., Muljaningsih, S., dan Wahyudi, S., T. 2019. Pengukuran kinerja pada Dinas Perhubungan Kabupaten Mandailing Natal berbasis Balanced Scorecard. Jurnal Ekonomi, Manajemen dan Akuntansi. 22(2):114-134.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v17i2.11826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.