ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, LEVERAGE DAN UKURAN DEWAN KOMISARIS TERHADAP PENGUNGKAPAN TANGGUNGJAWAB SOSIAL PERUSAHAAN (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY)

DESRIR MIFTAH ZAINAL ARIFIN

Abstract


 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh Ukuran Perusahaan, Profitabilitas, Leverage dan Ukuran Dewan Komisaris terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) pada perusahaan Manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2009-2011.

Pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah 32 perusahaan. Teknik analisis dilakukan dengan regresi linear berganda. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t untuk menguji pengaruh secara parsial. Sebelumnya dilakukan uji normalitas dan uji asumsi klasik.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ukuran Perusahaan berpengaruh signifikan terhadap Pengungkapan Tanggunjawab Sosial Perusahaan, Leverage berpengaruh signifikan dengan arah negatif terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan. Sedangkan Profitabilitas dan Ukuran Dewan Komisaris tidak berpengaruh terhadap Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan.


Keywords


Ukuran Perusahaan;Profitabilitas;Leverage;Ukuran Dewan Komisaris;Pengungkapan Tanggungjawab Sosial Perusahaan

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.24014/jiq.v9i1.1103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.