STRATEGI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK MELALUI PENDEKATAN SUFISTIK UNTUK MADRASAH TSANAWIYAH PROPINSI RIAU

Husni Thamrin, M.Si, Yatimin Yatimin

Abstract


Penelitian tentang Strategi pembelajaran Akidah Akhlak melalui pendekatan sufistik untuk Madrasah Tsanawiyah di Provinsi Riau, merupakan suatu tindakan melatih pikiran siswa sedemikian rupa sehingga dalam sikap hidup dan tindakan dipengaruhi oleh nilai spritual. Mengantar manusia pada prilaku dan perbuatan yang berpedoman pada syari’at Allah.

Pembelajaran Akidah Akhlak bukan sekedar “transfer of knowledge” ataupun “transfer of training”. Tetapi lebih merupakan suatu sistem yang di tata di atas pondasi keimanan dan kesalehan. Siklus perkembangan perubahan pembelajaran Akidah Akhlak telah mengikut alur perubahan. Kalau tidak mengikuti alur perubahan, maka pembelajaran Akidah Akhlak akan ketinggalan dari perubahan zaman. Untuk itu pada era tersebut konsep, materi dan kurikulum dihadapkan pada tantangan kehidupan manusia modern, yang serba simpel dan praktis sesuai perkembangan teknologi.

Penelitian tentang strategi pembelajaran Akidah Akhlak melalui pendekatan sufistik untuk Madrasah Tsanawiyah merupakan penelitian perpaduan antara penelitian kepustakaan (Library Research), dan penelitian lapangan (Field Research), metode analisis yang digunakan ialah metode content analisis yaitu berangkat dari aksioma bahwa studi tentang proses dan isi komunitas ini merupakan dasar bagi ilmu sosial. Subjek penelitian terdiri Guru Akidah Akhlak dan siswa kelas VII Madrasah Tsanawiyah yang dijadikan sampel di Provinsi Riau. Informan penelitian terdiri dari Kepala madrasah, anggota MGMP Akidah Akhlak dan komponen yang terkait. Tehnik pengumpulan data dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data dengan tehnik trianggulasi metode dan sumber. Tehnik analisis data menggunakan metode content analisis yang terdiri dari; pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi.

Hasil penelitian menujukkan: Pembelajaran Akidah Akhlak melalui pendekatan sufistik untuk madrasah tsanawiyah di Provinsi Riau telah menanamkan tiga aspek civic knowledge, civic disposition, civic skill sesuai dengan realitas. Pada akhir pembelajaran tumbuh kesadaran to regcognation and  the other dalam kehidupan peserta didik yang beragam sehingga diharapkan menjadi smart and good citizenship dalam konteks sebenarnya.

Keywords


Learning Strategy Sufistical Approach

Full Text:

PDF

References


A.S.Hornby, E.V. Gatenby dan Wakefield. The Advenced Learn’s Dictonary of Current English, (London: Oxford University Press, 1958).

Abdul Fatah Jalal, Azas-Azas Pendidikan Islam, Terj. Harry Noor Ali (Bandung: CV Diponegoro, 1988).

Abdurahman An-Nahlawi, Prinsip – Prinsip Dan Metode Pendidikan Islam, (Bandung : CV Diponegoro Bandung, 1992).

Abdurrahman Abror, Psikologi Pendidikan, Cet. ke 4 (Yogyakarta: Tiara wacana, 1993).

Whiterington, Psikoligi Pendidikan, (Jakarta: Rineka Cipta, 1991).

Abdurrahman Saleh, Ilmu Jiwa Umum, Cet. I, (Jakarta: CV Darma Bakti, 1971).

Abu Ahmadi, Nur Uhbiyati, Ilmu Pendidikan, (Jakarta: PT Rineka Cipta, 1999).

Abu Ahmadi, Psikologi Sosial, Edisi Revisi, (Jakarta: Penerbit PT.Rineka Cipta, 1999).

Abu Bakar Aceh, Sejarah Filsafat Islam, (Semarang: Ridhani, 1996)

Agus Sujanto dkk, Psikologi Kepribadian, Cet. 5 (Jakarta: Bumi Aksara, 1991).

Ahmad D Marimba, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, (Bandung: PT Al Ma’arif Bandung, 1989).

Ahmad Fauzi, Psikologi Umum, (Bandung: Pustaka Setia, 2000).

Ahmad Musthafa Al – Maraqhi, Tafsir Al Maraqhi, juz 1, (Semarang: Toha Putra, 1985).

Ahmad Syalabi, Tarikh al-Tarbiyah al-Islamiyah, (Kairo: Al-Kasyuf, 1954).

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan Dalam Pespdiktif Islam, (Bandung: Remaja Rosdakarya: 1992 ).

Ali Imron, Drs, M.Pd, Pembinaan Guru di Indonesia, (Jakarta: Pustaka Jaya, 1995)

All Port. G.W, Personality, A Psycholigical Interprestation, (New York: Hendry Hild, 1999)

Ambari Hasan Mu’arif (Et al) Suplemen Ensiklopedi Islam, (Jakarta: PT. Ichtiar Baru Van Hoeve. 1996).

Arifin, HM, Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama Dilingkungan Sekolah Dan Keluarga, Cet.IV, (Jakarta: PenerbitPT Bulan Bintang, 1978)

Arthur T Jersild, Psychologi anak, Terj. Muchtar Buchori, Conny Semiawan, Jilid I (Bandung: Penerbit Terate, 1992).

Barlow, Daniel Lenox, Educational Psychology, the Teaching Learning Process, (Chicago: the Moody Bible Institute, 1985).

Benyamin Bloom, Taxonomy of Educational Objective, The Classification of Education Goals, (New York: Doced Nc Kay Company Inc, tt).

Bimo Walgito, Pengantar Psikologi Umum, Cet.I Edisi III, (Yogyakarta: Yayasan Penerbitan Fakultas Psikologi UGM, 1991).

Bruno, Frank J, Dictionary of Key Word in Psychology, (London, Routledge & Kegan Paul, 1987).

Busyairi Madjidi Drs, Konsep Pendidikan Para Filosof Muslim, (Jakarta: Al-Amin Prers, 1996)

Busyairi Madjidi, Konsep Pendidikan para filosof Muslim, (Jakarta: Al-Amin Press, 1996).

Caplin J P, Dictionary of Psychology, Fifth Printing (New York: Dell Publishing Co.Inc, 1972).

Clifford T Morgan, Richard A King, Introduction to Psychology, fourth edition, (New York: McGraw-Hill Book Company, 1971).

CP. Caplin, Kamus Lengkap Psikologi, Terj. Kartini Kartono (Jakarta: Rajawali Pers, tt).

Crow and Crow, Educational Psychology, (New York: Amiricana Company, 1958)

Crow, Lester D, Ph.D and Alice Crow, Ph.D., Educational Psychology, Revised Edition, (New York: American Book Company, tt).

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahnya, (Jakarta, Departemen Agama RI, Derjen Binbaga Islam Depag RI, 1999.)

Fathiyah Hasan Sulaiman, Pandangan ibnu khalbu tentang ilmu dan pendidikan. Penyusun H.M.D. Dahlan, (Bandung: CV. Diponogoro, 1987).

H.M.Arifin, M.Ed, Filsafat pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1991),

Hamka, Tafsir Al-Azhar, (Jakarta: Pustaka Panjimas, 1988).

Harun Nasution, Islam Rasional, (Bandung: Mizan, 1995).

Hasan Langgulung, Manusia dan Pendidikan, (Jakarta: Pustaka Al-Husna,1989).

Hasbullah, Dasar-dasar Ilmu Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo, 1999).

Herbert Sorenson, Psychology In Education, (New York: Mc Graw Hill, 1948).

Husni Rahim, Metodologi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Dirjenbinbaga Islam, 2001).

Ibnu Abdullah Muhammad Bin Ahmad Al-Anshary Al-Qurthuby, Tafsir Al-Qurthubiy, Juz. I (Kaero: Dar-Al-Sya’biy, tt).

Ibnu Katsir, Tafsir Qur’an Al Adhiem. Jilid III (Mesir: Isa Al Babil Halaby wa syarakahu, tt).

Ibnu Maskawaih, Al – Hikmah Al – Khalidat, (Kaero: Al – Makhad Al – Ali, tt)

Ibrahim Muhammad Al-Jamal, Fiqih Wanita, (Judul Asli: Fiqhul Mar’ah Al-Muslimah), Terj.Anshori Umar Sitanggal, (Jakarta, Pustaka Panjimas, 1991).

Imam Jalaluddin, Jamius Shoghir, (Kairo: Darul Qalam, 1966).

Ismail Raji’al-Faruqi, Islam dan Kebudayaan, (Bandung: Mizan, 1984 ).

J.S. Badudu, Suthan Muhammad Zain, Kamus Umum Bahasa Indonesia (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan. 1994).

Jamaluddin, Ramayulis, Pengantar Ilmu Jiwa Agama, (Jakarta: Kalam Mulia, 1993).

Kimble, Garhezi, Principal of General Psichology, (New York: Ronald Press, 1963).

Klausmeir, (Et al), Learning and Human Abilities: Educational Psychology, (Harper & Row Publishers, 1971)

Laster D Crow, Alce Crow, Human Development and Learning (New York: American Book Company, 1956).

Lee C Deighton, (Editor in chief), The Encyclopedia of Education, Volume 8 (New York, The Macmillan Publishing Company & The Free Press, 1971).

M Ngalim Purwanto, Psykologi Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 1996).

M Quraish Shihab, Wawasan Al qur’an, Cet. X (Jakarta: Mizan, 2000).

M. Athiyah Al-Abrasy, Dasar Dasar Pokok Pendidikan Islam, (Jakarta: Bulan Bintang Jakarta, 1987).

M. Diah H, Penelitian Kualiatatif Dalam Penerapan, Terj. (Pekanbaru: Depdiknas Pusat Bahasa, Balai Bahasa Pekanbaru, 2000).

M. Ngalim Purwanto, Psikologi Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosda Karya, 1996).

Mastuhu, Membudayakan Sistem Pendidikan Islam, Cetakan Kedua, (Jakarta: Logos, 1999).

Miftah Faridl, Keluarga Bahagia, (Bandung: Penerbit Pustaka Bandung, 1996).

Mircea Eliade (Editor in chief), The Encyclopedia of Religion, Volume 13, (New York, The Macmillan Publishing Company, 1987).

MM.Syarif, Para Filosof Muslim, (Bandung: Mizan, 1991)

Mohammad athiyah al Abrosy, Dasar-Dasar Pokok Pendidikan Islam, terj. Bustami A.Gani, Djohar Bahry, Cetakan ke tiga. (Jakarta: PT. Bulan Bintang Jakarta. 1977).

Mohammad Rifa’i, Ilmu Fiqih Islam Lengkap, (Semarang: CV Toha Putra Semarang, 2001).

Mohammad Tauchid, et al (Ed), Karya Ki Hajar Dewantara, Bagian Pertama Pendidikan, (Yogyakarta: Majelis Luhur Taman Siswa, 1993).

Muhamad Alhiyah al-Abrasyi, Dasar – Dasar Pokok Pendidikan Islam, Terj. Bustami A. Gani dan Johar Bahri, (Jakarta: Bulan Bintang, 1970).

Muhamad Fu’ad ‘Abdul Bagi, Al-mu’jam, Al-mufahras li Al – Alfazh Al – Qur’an Al-Karim, (Qahirah: Dar,al-Hadist, 1988).

Muhammad Fadhil al-Jamaly, Nahwa Tarbiyah Mukminat, (Al-Syirkat Alo-Tunisiyat li al-Tauzi’, 1997).

Muhammad Naquib Al Attas, Konsep pendidikan Dalam Islam, Terj. Haidar Bagir, (Bandung: Mizan, 1994).

Muhammad Rasyid Ridho, Tafsir Al-Qur’an Al-Hakim, Tafsir Al-Manar, Juz VII (Beirut: Darul Fikr, tt).

Muhammad Utsman Alkhasyat, Sulitnya Berumah Tangga: Upaya Mengatasinya Menurut Al-Qur’an, Hadits dan Ilmu Pengetahuan (Judul Asli: Al-Masyakiluz Zauziyyah wa Ma’ariful Hadtsah) Terj. A Aziz Salim Basyarahil, (Jakarta: Gema Insan Press 1994).

N.Ozona, Ensiklopedia Nasional Indonesia, (Jakarta : Cipta Adi Pustaka 1990 )

Nana Sujana, Cara Balajar Sisiwa Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar, Cet. II, (Bandung: Sinar Baru, 1996).

Noeng Mhajir, Metodologi Penelitian Kwalitatitf, (Yogyakarta: Rakesarafin, 1990).

Piter Salim, Yeni Salim, Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer, Edisi Pertama, (Jakarta: Modern English Press. 1991).

Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam, (Jakarta : Kalam Mulia, 1994)

Robert P Gwinn, (et al), The New Encyclopedia Britannica, Volume 27, (Chicago: The University of Chocago, 1987).

Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Pendekatan Teoritis, Teori Dan Praktis, (Jakarta: Ciputat Pres, 2002).

Soerjono Soekanto, Sosiologi Suatu Pengantar, (Jakarta: RajaGrafindo Persada 1995).

Suharsimi Arikunto, Prof. Dr. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Cetakan ke Sebelas Revisi IV (Jakarta: PT.Aneka Cipta, 1998).

Sumadi Surya Brata, Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998).

Tim Penyusun Kamus, Pusat Pembinaan Bahasa, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Penerbit Balai Pustaka Jakarta. 1995).

Uril N. Bronfen Brenner, Two Wolds of Children’s, (Australia: Penguin Books, 1974).

WJS Poerwadarminta, S Wojowasito, SAM Gaastra, Kamus Bahasa Indonesia-Inggris (Amsterdam-Jakarta: W Versluys NV, 1995).

Zahara Idris, Dasar Dasar Kependidikan, (Bandung: PT. Angkasa, 1981).

Zainuddin Hamidy dan Fachruddin Hs. Tafsir Al – Qur’an (Jakarta: Penerbit Wijaya 1959 ).

Zakiah Daradjat, Ilmu Pendidikan Islam, ( Jakarta: Bumi Aksara, 2000).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/af.v16i1.3666

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Editorial Office Board

Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. KH. Ahmad Dahlan, No. 94 Kode Pos : 28129.

 

Contact Person :

Khairunnas Jamal

khairunnasjamal@uin-suska.ac.id

0823 6130 7171

  

 


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License. View My Stats