KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU IPS DAN PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS TERPADU DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Elfira Zarni, Dicki Hartanto

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru IPS terhadap Pemahaman Siswa IPS Terpadu siswa di SMP Negeri 2 Kampar Kiri Tengah Kampar. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Kampar Kiri Tengah Kabupaten Kampar, sedangkan objeknya adalah kompetensi pedagogik guru terhadap tingkat pemahaman siswa. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII yang berjumlah 54 siswa, karena jumlah populasi tidak begitu besar maka penulis mengambil semua sampel untuk diteliti. Pengumpulan data diperoleh melalui angket, tes, dan dokumentasi. Data yang terkumpul dianalisis menggunakan teknik regresi linier sederhana dengan metode kuadrat terkecil dan product moment, dan penulis menggunakan bantuan perangkat komputer melalui SPSS versi 16.0 for windows. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan kompetensi pedagogik guru IPS terhadap pemahaman siswa pada siswa IPS terpadu di SMP Negeri 2 Kampar Kiri Tengah, dengan kontribusi kompetensi pedagogik guru dalam mengajar dengan pemahaman siswa. adalah 0,864 X 100% = 86,4% dan sisanya dipengaruhi oleh variabel lain. Dimana ro (pengamatan) = 0,864 lebih besar dari rt (tabel) pada taraf signifikan 5% dan 1%, yaitu 0,273 < 0,864 > 0,354, hal ini berarti Ho ditolak dan Ha diterima.

 

Kata kunci: kompetensi pedagogik, pemahaman siswa, IPS Terpadu.


Full Text:

PDF

References


F. DAFTAR PUSTAKA

Abu Ahmadi. 2005. Strategi Belajar Mengajar, Bandung: Pustaka Setia

Agung Iskandar. 2012. Menghasilkan Guru Kompeten dan Profesional, Jakarta : Bee Media Indonesia.

Ahmad Rohani dan Abu Ahmadi. 1991. Pengelolaan Pengajaran, Jakarta: Penerbit PT. Rineka Cipta.

Ali Mohamad. 2008. Guru dalam Proses Belajar Mengajar, Bandung: Sinar Baru

Asmani, Jamal Ma’mur. 2009. 7 Kompetensi Guru Menyenangkan dan Profesional, Yogyakarta: Powerbooks.

B. Uno, Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan, Jakarta: Penerbit Bumi Aksara.

Daryanto. 2008. Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta.

Daryanto. 2010. Belajar dan Mengajar, Bandung: Yrama Widya.

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara.

Fachrudin Saudagar, dkk. 2009. Pengembangan Profesionalistas Guru. Jakarta: Gaung Persada (GP Press)

Hamalik, Oemar. 2002. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi, Jakarta: Bumi Aksara.

Hartanto, Dicki dan Sri Yuliani. 2014. Pengembangan Peran Pendidikan dalam Perspektif Islam. Penerbit Mutiara Pesisir Sumatera, Pekanbaru Riau ISBN : 978-602-14882-8-7

Hartono, 2010. Analisis Item Instrumen, Bandung: Nusa Media.

Hartono, 2008. Statistik Untuk Penelitian, Yogyakarta: Penerbit Pustaka Belajar.

Kusnadi, dkk. 2008. Strategi Pembelajaran IPS, Pekanbaru: Yayasan Pusaka Riau

Mulyasa, E. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nasrul HS, 2012. Profesi & Etika Keguruan, Yogyakarta: Penerbit Aswaja Pressindo.

Nurhasanah, 2011. Modul Pengembangan dan Pengemasan RPP, Pekanbaru: Zanafa Publishing.

Moh. Uzer Usman. 2010. Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Riduwan. 2011. Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Bandung: Alfabeta.

Sadulloh, Uyoh. 2010. Pedagogik (ilmu mendidik), Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2010. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran, Jakarta: Penerbit Kencana.

Sudjana, Nana. 2008. Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Sudijono, Anas. 2008. Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: Grafindo.

Sugiyono. 2003. Metode Penelitian Administrasi, Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i1.16502

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 

 

CALL FOR PAPER

 
 The Editorial Team of the journal welcomes contributions of papers on any topics related to current issues in the perspective of Islamic social education and the cultural field, especially in the Islamic perspective.

INDEXED BY:

    

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.