MELIRIK BAZANJI SEBAGAI KESENIAN TRADISI MASYARAKAT PAINAN SUMATERA BARAT

Sindi Ayudia Pama, Ellya Roza, Taufik Eka Osvi Arrahim, Muhammad Ikhsan Fauzana

Abstract


ABSTRAK

Artikel ini merupakan hasil penelitian yang bertujuan untuk mengetahui tentang seluk beluk bazanji dan fungsinya sebagai salah satu kesenian tradisi masyarakat di Painan Kabupaten Pesisir Selatan Propinsi Sumatra Barat. Sumber data terdiri dari data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi di lapangan yakni di lingkungan masyarakat Painan Utara, sedangkan data sekunder diperoleh melalui dokumen kitab bazanji yang digunakan sebagai teks atau bacaan oleh kelompok bazanji serta tulisan-tulisan yang membahas bazanj, baik dalam bentuk buku maupun jurnal. Dengan demikian penelitian ini adalah penelitian dengan pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis isi yang berkaitan dengan bazanji sebagai kesenian tradisi masyarakat tempatan. Hasil penelitian ditemukan bahwa bazanji sebagai kesenian tradisi masyarakat di Painan masih eksis keberadaannya di tengah-tengah masyarakathingga sekarang. Hal ini terlihat kesenian bazanji selalu ditampilkan ketika melaksanakan kegiatan keagamaan. Salah satunya adalah ketika acara kematian seperti pelaksanaan “menutup hari” atau “batagak batu”. Tradisi masyarakat Painan pada acara tersebut cenderung menampilkan nyanyian bazanji yang telah ada kelompoknya yang dilaksanakan pada malam hari. Selanjutnya bazanji sebagai kesenian tradisi bagi masyarakat Painan berfungsi sebagai ungkapan doa melalui shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini sesuai dengan adat dan norma masyarakat Minangkabau sebagai sistem yang mengatur tata cara kehidupan yang di kenal dengan istilah adat basandi syara’ syara’ basandi kitabullah, syara’ mangato adat mamakai.

 

Kata Kunci: Tradisi Bazanji, Kesenian Masyarakat, Kabupaten Pesisir Selatan.

 


Full Text:

PDF

References


Al-Bantani, Muhammad Nawawi. Tt. Madârijus Shu’ûd ilâ Iktisâ’il Burûd. Semarang: Thoha Putra.

Bulbeck, David. 1998. Southeast Asian Exports Since the 14th Century : Cloves, Pepper, Coffee and Suga. Singapore: ISEAS. ISBN 9789813055674.

Bungin, H. B. 2009. Penelitian Kualitatif. Cet.lll. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dhakide, D. 2003. Profil Daerah: kabupaten dan Kota. Jilid 2. Jakarta: Penerbit Kompas.

Ediwar, Din, Zakaria. 2010. “Kesenian bernuansa Islam Suku Melayu Minangkabau”. Jurnal Melayu. Vol. 5.

Erni dkk. 2020. Mempertahankan tradisi ditengah krisis moralitas. Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Press.

Febrina Khairunnisa dan Refisa Ananda. 2020. “Menjaga Kearifan Lokal Dengan Membudayakan Tradisi Basunting Bagi Marapulai Dalam Adat Perkawinan Di Kanagarian Inderapura Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan,” JURNAL ILMU BUDAYA. Vol.8. No.2. E-ISSN: 2621-5101. P-ISSN: 2354-7294.

Fitrah dan Luthfiyah. 2017. Metodologi Penelitian;Penelitian Kualitatif, Tindakan kelas dan Studi Kasus. Jawa Barat: CV Jeja.

Hajizar. 2017. Dimensi Spiritual Nyanyian Religius Barzanji Masyarakat Nagari Bunga Tanjung Padang Panjang, Sumatra Barat: Institut Seni Indonesia Padang Panjang.

Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (2018). "Daftar 100 Desa Terbaik Tahun 2018" (PDF). www.bulelengkab.go.id.

Maksum, M.Syukron, 2013. Maulid al-Barzanji, Yogyakarta: Mutiara Media.

Maloeng, Lexy J. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mukhlis, Sukron. 2016. Nilai-nilai Pendidikan Karakter Religius dalam Kitab Maulid Al-Barzanji Karya Syaikh Ja’far bin Hasan Al-Barzanji. Skripsi. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.

Perendi, 2021. Persepsi Masyarakat Terhadap Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Tradisi Berzanji Di Desa Air Teras Kecamatan Talo Kabupaten Seluma. Skripsi. Bengkulu: IAIN.

Rukin. 2019. Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syam, Anna Rahma, Kasjim Salenda dan Wahid Haddade. 2016. “Tradisi Barzanji dalam Persepsi Masyarakat Kabupaten Bone”. Jurnal Diskursus Islam. Vol. 04. No.2 (Agustus).

Saufi, Akhmad dan Hasmi Fadillah. 2015. Sejarah Peradaban Islam. Yogyakarta: Deepublish

Sobarudin. 2019. Pendidikan Tak Bertepi Berselimut Agama. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Simanjuntak, Bungaran Antonius. 2016. Tradisi, Agama, Dan Akseptasi Modernisasi Pada Masyarakat Pedesaan Jawa. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Wikipedia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i1.16452

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat View MyStat

 

INDEXED BY:

      

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.