INTEGRASI NILAI NASIONALISME DALAM PEMBELAJARAN IPS DI SMP-IT AL-MA’ARIF PEKANBARU

Sakilah Rahman, Ismail Ismail, Rudi Kurniawan, Ida Fitriyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru dalam mengintegrasikan  nilai nasionalisme dalam pembelajaran IPS; dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif naturalistik. Sabjeknya guru dan siswa. Objeknya integrasi nilai nasionalisme dan pembelajaran IPS. Adapun pengumpulan datanya dengan pengamatan, dokumentasi, dan wawancara mendalam. Teknik analisis data terdiri dari analisis domain, analisis taksonomi, dan analisis komponen, dan analisis tema. Berdasarkan hasil penelitian dan analisa data bahwa guru dalam mempersiapkan pembelajaran sudah mengacu pada kurikulum 2013. Guru telah berupaya untuk mengintegrasikan nilai nasionalisme pada siswa secara implisit tergambar dalam analisis materi pelajaran, program pembelajaran, dan rencana pembelajaran, pada proses pembelajaranpun sudah terlaksana dengan baik, walaupun pola pembelajaran hanya bersifat konvensional, Pengintegrasian nilai nasionalisme dalam pembelajaran kurang terlaksana dengan baik karena dipengaruhi beberapa faktor diantaranya kompetensi personal dan sosial guru, rendahnya motivasi belajar siswa, pembelajaran monoton, penerapan metode yang sederhana, dan penggunaan media pembelajaran yang belum efektif, keterbatasan waktu, rendahnya pemahaman siswa, kurangnya wawasan guru tentang nasionalisme, kurangnya pelatihan dan pembinaan, serta kurangnya referensi buku tentang nasionalisme.

Kata Kunci: integrasi, nilai nasionalisme, dan pembelajaran IPS


Full Text:

PDF

References


BIBLIOGRAPHY

Barth, J. L., & Shermis, S. S. (1984). Methods Of Instruction In Social Studies Education. University Press of America Lanham, MD.

Hamalik, O. (2002). Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bumi Aksara Bandung.

Ibrahim, R., & Syaodah, N. (2003). Perencanaan Pengajaran. Rineka Cipta.

Moleong, L. J., & Surjaman, T. (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remadja Karya. https://books.google.co.id/books?id=YXsknQEACAAJ

Nasution, S. (2006). Kurikulum dan Pengajaran.

Presiden Republik Indonesia. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL (pp. 1–23). Pemerintah Ripublik Indonesia.

Presiden Republik Indonesia. (2005). PERATURAN PEMERINTAH REPUBLIK INDONESIA NOMOR 19 TAHUN 2005 TENTANG STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN (pp. 1–66). Republik Indonesia.

Sadiman, A. S. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. PT RajaGrafindo Persada. https://books.google.co.id/books?id=5iLKnQEACAAJ

Yamin, M. (2005). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung persada press.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i1.16365

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View MyStat View MyStat

 

INDEXED BY:

      

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.