IMPLEMENTASI STRATEGI INKUIRI DALAM MENINGKATKANPEMAHAMAN KONSEP PADA MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DI MTs DARUL HIKMAH PEKANBARU

Astuti Astuti, Hastuti Hastuti, Hosnilawati Hosnilawati, Sukma Erni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mbuktikan peningkatan pemahaman peserta didik tentang manusia, tempat dan lingkungannya melalui implementasi strategi inkuiri. Metode yang digunakan adalah Tindakan kelas dengan 2 siklus (4 pertemuan). Siklus 1 diperoleh hasil yang cukup baik kendati masih terdapat kelemahan terutama dalam proses pembelajaran yang dilalui siswa. Perbaikan yang dilaksanakan pada siklus ke 2 berdampak pada meningkatnya hasil belajar dan proses terlaksana secara optimal.  Peningkatan  hasil belajar pada siklus I adalah 80% mencapai kriteria kelulusan  dan pada siklus II naik menjadi 90,62%. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa strategi inkuiri dapat meningkatkan pemahaman siswa sehingga tepat digunakan sebagai alternative strategi pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Sabri, (2010), Strategi Belajar Mengajar, Ciputat: Quantum Teaching

Amir Pada, (2020), Penerapan Strategi Pembelajaran Inkuiri Sosial untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Pada Siswa Kelas IV SDN 84 Kota Pare-pare, Jurnal Publikasi Pendidikan, Volume 10 Nomor 1, 73-79.

Anderson, L.W dan Krathwohl, D.R., (2010), Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Asesmen (Revisi Taksonomi Pendidikan Bloom). Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, Suharsimi., (2017) Penelitian Tindakan kelas, Jakarta, Rineka Cipta

Dwi Susilowati, (2018) PENELITIAN TINDAKAN KELAS (PTK) SOLUSI ALTERNATIF PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN Edunomika Vol. 02 No. 01, 36-46

Fathurrohman, M. (2017) Belajar dan Pembelajaran Modern, Konsep Dasar, Inovasi dan Teori Pembelajaran.

Hamruni, (2012), Strategi Pembelajaran, Yogyakarta: Insan Madani

Hendrawati, Endah., (2013), pengaruh Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar melalui metode Inkuiri Terhadap hasil belajar Siswa, Pedagogia, Vol. II. No1

Mas’ud Zein dan Darto, (2012) Evaluasi Pembelajaran Matematika, Pekanbaru: Daulat Riau

Nasution S, (2005) Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Ngalim Purwanto, (2006) Psikologi Pendidikan, Jakarta: PT Remaja Rosdakarya

Riyono dan Retnoningsih, (2015), Efektivitas Model Pembelajaran Picture and Picture Dengan Strategi Inkuiri Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa, Unnes;Journal of Biology Education, Vol. 4(2) 166-172.

Sanjaya, Wina, (2006), Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidika, Jakarta, Kencana Perdana Media.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/tsaqifa.v1i1.16282

Refbacks

  • There are currently no refbacks.






 

 

CALL FOR PAPER

 
 The Editorial Team of the journal welcomes contributions of papers on any topics related to current issues in the perspective of Islamic social education and the cultural field, especially in the Islamic perspective.

INDEXED BY:

    

 

Published By:

Program Studi Tadris IPS
Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Universitas Islam Negeri  Sultan Syarif Kasim Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: tadrisips@uin-suska.ac.id
 
 
 
 
  
MAP

FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN UIN SULTAN SYARIF KASIM RIAU

 

 

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.