Analisis Praktik-Praktik Islam Kejawen terhadap Kehidupan Sosial Masyarakat Era Modern (Studi Kasus di Desa X Kabupaten Grobogan)

Nur Faridatus So'imah, Nadya Veronika Pravitasari, Eny Winaryati

Abstract


Kebudayaan jawa merupakan kebudayaan yang paling tua di Indonesia. Kebudayaan jawa ini memiliki ciri khas yang identik dengan perilaku masyarakat yang memiliki tradisi, perilaku, serta sikap hidup dari masyarakat jawa tersebut. Tradisi dan budaya jawa ini biasa disebut dengan kejawen. Menurut Pranoto (2007), kejawen adalah pola atau pandangan hidup orang jawa yang melakukan kehidupan berdasarkan moralitas atau etika dan religi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif dengan tujuan penelitian untuk mengetahui praktik-praktik islam kejawen yang dilakukan masyarakat di Desa X Kabupaten Grobogan, untuk mengetahui dampaknya terhadap kehidupan masyarakat setempat dan untuk mengetahui perubahan intensitas pelaksanaan praktik-praktik keajwen apakah mengalami peningkatan atau penurunan. Teknik pengumpulan data diperoleh dari hasil observais, wawanara dan dokumentasi. Dengan adanya penelitian ini diharapkan masyarakat dapat sadar untuk menjaga lingkungan sekitar dan mempererat tali silaturahmi antar sesama serta berbuat sesuai dengan ajaran agama masing-masing.


Keywords


praktik kejawen, islam kejawen, kehidupan sosial.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Taufik. (1983). Agama dan peri]ubahan sosial. Jakarta: Rajawali Pers. Al-Ahadis al-Nabawiyyah.

Amin, Darori. (2002). Islam dan Kebudayaan islam. Yogyakarta: Gama Media.

Anonim. (2015). Mengenal lebih jauh kesenian tayuban. https://beergembira.com/beer-talk/beer-culture-mengenal-lebih-jauh-kesenian-tayuban.html (diakses pada tanggal 26 Januari 2020).

Ansori, Rangga P. (2017). Akulturasi budaya religi islam dan kejawen situs gunung srandil di Desa Glempang Pasir Kecamatan Adipala Kabupaten Cilacap. Skripsi. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Arifin. (2003). Ilmu pendidikan islam. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Arief, Rahman. (2012). Akulturasi Islam dan Budaya Masyarakat Lereng Merapi Yogyakarta: Sebuah Kajian Literasi. Jakarta : UIN Jakarta.

Beatty, Andrew. 2001. Variasi Agama di Jawa Suatu Pendekatan Antropologi. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Benedict R.O’G, Anderson. (2003). Mitologi Dan Toleransi Orang Jawa. Yogyakarta. Bentang Budaya.

Drajat, Zakiah. (1996). Ilmu pendidikan islam. Jakarta: Bumi Aksara.

Galih Latiano. (2017). Dimensi Religiusitas Dalam Tradisi Masyarakat Islam Aboge Desa Kracak Kecamatan Ajibarang Kabupaten Banyumas (Studi Analisis Pendidikan Agama Islam). Yogyakarta : UIN Sunan Kalijaga.

Hasan, Ridwan. (2012). Kepercayaan animisme dan dinamisme dalam masyarakat islam aceh. Jurnal budaya. Aceh: STAIN Malikussaleh.

Herusatoto, Budiono. (1987). Simbolisme dalam Budaya Jawa. Yogyakarta: Hanindita.

Koentjaraningrat. (1994). Kebudayaan Jawa. Jakarta: Balai Pustaka.

Meinarno, Eko A., dkk. (2011). Manusia dalam kebudayaan dan masyarakat pandangan antropologi dan sosiologi. Jakarta: Salemba Humanika.

Mira Augristina. (2014). Makna Tradisi Dekahan Bagi Masyarakat Desa Pakel (Studi Fenomenologi Tentang Alasan Masyarakat Melestarikan Tradisi Dekahan Dan Perilaku Sosial Yang Ada Didalamnya Pada Masyarakat Desa Pakel, Kecamatan Andong, Kabupaten Boyolali). Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Moleong, Lexy J. (1996). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oktaviano, Dino. (2018). Asrah batin tradisi dua desa yang warganya tak boleh saling mencintai.https://foto.kompas.com/photo/read/2018/07/30/1532916856105/Asrah-Batin-Tradisi-Dua-Desa-yang-Warganya-Tak-Boleh-Saling-Mencintai (diakses pada tanggal 27 Januari 2020).

Pranoto. (2007). Kamus besar bahasa indonesia. Jakarta: Gramedia.

Purwadi. (2006). Filsafat Jawa (ajaran hidup yang berdasarkan nilai kebijakan tradisional).Yogyakarta. Panji Pustaka.

Scoot, Jhon, 2012, Teori Sosal : Masalah-Masalah Pokok Dalam Sosiologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Sukamto dkk. (1995). Pedoman Penelitian Edisi 1995. Yogyakarta: Lembaga Penelitian IKIP Yogyakarta.

Suyanto. (1990). Pandangan Hidup Jawa. Semarang: Dahana Prize.

Ummi Sumbulah. (2012). Islam Jawa dan Akulturasi Budaya : Karakteristik, Variasi, dan Ketaatan Ekspresif. Malang : IUN Malang.

Wiwid, Naluriani. (2017). Upacara sedekah bumi dalam perspektif pendidikan islam. Skripsi. Semarang: Universitas Islam Negeri Walisongo.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v17i1.9092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Center for Research and Community Development

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau 28293

Indexed By:

 

     

      

Statistik Pengunjung