Revolusi Sosial masyarakat turki: Dari Sekularisme Attatur Menuju Islamisme Erdogan

Arrasyidin Akmal Domo, Nuhasanah Bachtiar, Z Zarkasih

Abstract


Abstrak

Turki, yang pernah tercatat sebagai salah satu  dinasti Islam terbesar dalam sejarah mengalami jatuh bangun dan perubahan kebijakan politik yang luar biasa sampai saat ini. Sekularisasi Turki oleh Mustafa Kemal Attatur pada tahun 1924, yang pada awalnya bermaksud untuk kamajuan Turki, namun ternyata menjadi momok yang membahayakan eksistensi Islam di Turki. Kemunculan Erdogan sebagai pemimpin Turki menjadi titik cerah kebangkitan Islam kembali muncul di Turki. Penelitian ini bertujuan untuk menganilisis proses sekularisasi yang dilakukan Mustaf Kemal Attatur dan usaha Kebangkitan Islam oleh Erdogan serta dampak yang ditimbulkannya.  Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan  (Library Research), dengan mengkaji  sumber data dari berbagai literatur baik artikel jurnal maupun buku. Analisa data yang digunakan dengan pendekatan kualitatif melalui content analisis. Pada penelitian ini, penulis menemukan bahwa proses sekularisasi yang dibangun oleh Mustafa Kemal Attatur dengan cara mengadopsi kemajuan dan budaya Barat di Turki. Simbol-simbol Islam diganti dengan model dan gaya hidup Barat. Kebijakan ini telah memudarkan bahkan mengebiri eksistensi Islam di Turki. Sejak kematian Kemal, Para kemalis yang melanjutkan faham yang diajarkan Mustafa Kemal tidak mendapat respon baik dari masyarakat Turki. Para militer yang dulu panatik terhadap faham sekularisasi yang diajarkan Mustafa Kemal Attaur sudah berubah, mereka tidak menjadi nasionalis yang membabi buta, namun telah loyal kepada negara dan penguasa yang sah.  Turki saat ini telah memasuki era baru, kelompok Islamis moderat yang menguasai jalannya pemerintahan menunjukkan kemajuan diberbagai bidang. Perubahan konstitusi sedikit demi sedikit dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan peran militer yang besar di dalam politik.  Munculnya tokoh-tokoh Islam yang berada dipemerintahan mampu merubah negara sekuler menjadi negara yang menjunjung tinggi Islam dan bahkan saat ini, Turki bersama Erdogan telah menjadi kekuatan yang diperhitungkan di Dunia.  Erdogan muncul sebagai sosok yang mengusung Partai Konservatif dan Religius yang relatif dapat diterima oleh semua kelompok. Bahkan kejayaan Erdogan mampu mengantarkan partai AKP untuk memenangkan pemilihan 3 kali berturut-turut. Sehingga dalam waktu yang relatif singkat, Erdogan mampu mengubah wajah Turki, dari sekularisasi menjadi kebangkitan Islam di Turki.


Keywords


Sekularisasi, Mustafa Kemal Attatur, Kebangkitan Islam, Erdogan.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Junaidi. 2016. Kebijakan Politik Recep Tayyib Erdogan dan Islamisme Turki Kontemporer, IN RIGHT Jurnal Agama dan HakAzazi Manusia, Vol. 6, No. 1.

Asmal May. 2006. Peradaban Islamdalam Lintasan Sejarah, Jakarta: Citra Harta Prima.

Jhon Afrizal. 2012. Gerakan Sosial Politik Islam Dunia, Asas Perubahan Skenario Politik Negara, Pekanbaru: Jurnal Sosial Budaya, Vol. 9, No.1.

Jules Archer. 2004. Kisah Para Diktator Biografi Para Penguasa Politik Fasis Komunis Despotis dan Tiran. Yogyakarta: Narasi.

Imron Mustafa, Turki Antara Sekularisme dan Aroma Islam; Studi atas Pemikiran Niyazi Berkes, Surabaya: Jurnal Elbanat, Vol. 6, No. 1.

M. Arfan Mu’ammar. Kritik Terhadap Sekularisasi Turki, Telaah Historis Transformasi Turki Usmani. Surabaya: Jurnal Episteme, Vol. 11, No. 1.

Muhammad Iqbal, dan Amin Husein Nasution. 2010. Pemikiran Politik Islam Dari Masa Klasik Hingga Indonesia Kontemporer. Bandung: Kencana.

Niyazi Berkes. 1953. The Development of Secularism in Turkey. Montreal: McGill University Press.

Nina M. Armando (ed.), Ensiklopedi Islam Jilid 8 (Jakarta:PT. Ichtiar Baru Van Hoeve, 2005

Nur Aliyah Zainal. 2016. Analisis Tentang Dekemalisasi Di Turki Pasca Ataturk. Alauddin Makassar: Jurnal Politik Profetik Volume 04, No. 1.

Peena. 2012. Biografi Tokoh Dunia Islam, http://pena- mylife.blogspot.co.id/2012/04/biografi-necmettin-erbakan.html.

Solihun. 2013. Negra Turki Pada Masa Kepemimpinan Mustafa Kemal Attatur Tahun 1923-1950. Depok: Jurnal FIB.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v15i2.6696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Center for Research and Community Development

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau 28293

Indexed By:

 

 

 

 

Statistik Pengunjung