POLA PIKIR MASYARAKAT DESA DUNGPRING DALAM MELIHAT TAYANGAN TELEVISI “BEDAH RUMAH” DI GTV: KAJIAN BUDAYA MASYARAKAT PEDESAAN

Tety Bekti Sulistyorini, Atiqa Sabardila

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) manfaat tayangan televisi bagi masyarakat Dusun Dungpring, Desa Ngunggahan, dan (2) pola pikir masyarakat dalam melihat tayangan televisi “Bedah Rumah” di Dusun Dungpring, Rt 03/07, Desa Ngunggahan, Kecamatan Eromoko, Kabupaten Wonogiri. Tayangan televisi memiliki pengaruh dalam perubahan pola pikir masyarakat. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Data penelitian ini diperoleh dari pengumpulan data secara studi lapangan dengan melakukan observasi, wawancara, angket, dan teknik dokumentasi. Buku-buku dan jurnal relevan digunakan sebagai data sekunder untuk memperkuat analisis. Data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif, yakni mendeskripsikan analisis secara terperinci dan sistematis. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa televisi dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, yakni memberikan hiburan dan memberikan informasi, sedangkan pola pikir masyarakat yang ditentukan oleh latar belakang profesi, usia, jenis kelamin, ekonomi, dan tingkat pendidikan menunjukkan adanya pola pikir rasa iri, rasa trenyuh, rasa bahagia, rasa malas, rasa iba, rasa gembira, dan keinginan yang kuat.


Keywords


Pola pikir, Televisi, Perubahan, Masyarakat

Full Text:

PDF

References


Adi, Tri Nugroho. (2008). Identitas Kultural dan Televisi Lokal. Jurnal Acta Diurna, 5(2), 96-107.

Ahmadi, Dadi & Nova Yohana. (2007). Kekerasan di Televisi. Mediator: Jurnal Komunikasi, 8(1), 91-101.

Alfian, Muhammad Ivan. (2014). Dakwahtainment: antara Komersialisasi Media di Balik Ayat Tuhan. Jurnal Komunikasi Penyiaran Islam, 2(1), 133-148.

Artha, Dewi Juni. (2016). Pengaruh Pemilihan Tayangan Televisi terhadap Perkembangan Sosialisasi Anak. Jurnal Edu Tech, 2(1), 18-26.

Azmi, Nurul. (2014). Dampak Media Televisi terhadap Prilaku Sosial Anak. Scientiae Educatia, 3(2), 11-28.

Badjuri, Adi. (2010). Jurnalistik Televisi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Bungin, B. (2006). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kharisma Putra Utama.

Bungin, M. Burhan. (2006). Sosiologi Komunikasi : Teori, Paradigma dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta : Kencana.

C. Suprapti Dwi Takariani. (2013). Pengaruh Sinetron Remaja di Televisi Swasta terhadap Sikap Mengenai Gaya Hidup Hedonis. Jurnal Penelitian Komunikasi Balai pengkajian dan Pengembangan Komunikasi dan Informatika (BPPKI), 16 (1), ISSN 1410- 8291.

Herman, Achmad. (2008). Persepsi Remaja terhadap Tayangan Pornografi di Televisi: Studi di Tiga Sekolah Menengah Atas di Kota Palu, Provinsi Sulawesi Selatan. Jurnal Ilmu Komunikasi, 6(2), 121-130.

Holilah Ilah. (2016). Dampak Media terhadap Perilaku Masyarakat. Jurnal Studi Gender dan Anak, 3(1), 103-114.

Imra, Jayarani dan Dwi Septiwiharti. (2010). Dampak Menonton Televisi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PKn di Kelas IV SD Negeri 1 Posona Kecamatan Kasimbar. Jurnal Kreatif Tadulako, 2(4), 101-114.

Iskandar. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan Dan Sosial (Kualitatif Dan Kuantitatif). Jakarta: Gaung Persada Press.

J. B. Wahyudi. (1994). Dasar-Dasar Manajemen Penyiaran. Jakarta: Gramedia.

Jumiartika, Vemi dan Hamzah Palalloi. (2015). Pengaruh Tayanagn Talkshow Sarah Sehan di Net. TV terhadap Minat Menonton: Studi pada Mahasiswa Psikologi UNJ Angkatan 2013. Promedia, 1(2), 1-20.

Kanneth, D. Bailey. (1982). Methods of Social Research. New York: A Division of Macmillan Publishing.

Liana, Chendi, Herta Armianti, dan M Ali. (2017). Pengaruh Terpaan Tayangan Religi di Televisi terhadap Sikap dan Perilaku Taqwa Pemirsa. Jurnal Dakwah dan Komunikasi, 2(1), 1-19.

Ma’arifah, Yusdin Gagaramusu, dan Imran. (2010). Dampak Menonton Siaran Televisi terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pkn di Kelas IV SD Inpres 2 Tada Kecamatan Tinombo Selatan. Jurnal Kreatif Online Tadulako, 1(1), 89-102.

Mardhani, Vera dan Poppy Fitriyani. (2016). Perilaku Menonton Televisi dan Perkembangan Anak Usia Sekolah menurut Persepsi Ibu. Jurnal Keperawatan, 8(1), 14-19.

Ngafifi, Muhamad. (2014). Kemajuan Teknologi dan Pola Hidup Manusia dalam Perspektif Sosial Budaya. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi dan Aplikasi, 2(1), 33-47.

Parma, H Jamaluddin Hos, dan Sarpin. (2018). Perubahan Pola Pikir Masyarakat Nelayan terhadap Pendidikan. Jurnal Neo Societal, 3(2), 416-424.

Parwadi. (2005). Pengaruh Penggunaan Media Televisi terhadap Penyimpangan Nilai dan Perilaku Remaja Berupa Kekerasan, Seks, dan Konsumtif di Kota Yogyakarta. Jurnal Sosiohumaniora, 7(1), 35-50.

Rakhmat, Jalaluddin. (2002). Psikologi Komunikasi. Bandung: Rosda Karya.

Ridwan, Ach dan Trihadi Prasetya. (2015). Dampak Sering Menonton Televisi pada Anak Usia Sekolah. Jurnal AKP, 6(1), 41-46.

Rizal, Fahrul. (2016). Efek Menonton Acara di Televisi terhadap Sosial Budaya Masyarakat Muslim Kota Medan. Fitrah: Jurnal Kajian Ilmu-ilmu Keislaman, 2(2), 149-164.

Rohani, Gifari Annisa. (2015). Pengaruh Televisi terhadap Aspek-aspek Perkembangan Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 631-639.

Salam, Ahmad Muhyi. (2016). Pengaruh Sinetron Anak Jalanan terhadap Perilaku Remaja di Kota Samarinda. Lentera, 18(2), 103-129.

Tekkay, Alfrini, Meity Himpong, dan Ridwan Paputngan. (2017). Persepsi Masyarakat tentang Talkshow ‘Mata Najwa’ di Metro Tv (Studi pada Masyarakat Bahu Kecamatan Malalayang). e-Journal Acta Diurna, 6(2), 1-17.

Widdah, Minnah El. (2012). Pola Pikir dan Pendidikan. Jurnal Al’Ulum, 1(1), 1-6.

Zoebazary, Ilham. (2010). Kamus Istilah Televisi dan Film. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v16i1.6435

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Center for Research and Community Development

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau 28293

Indexed By:

 

     

      

Statistik Pengunjung