ETNOMATEMATIKA MELAYU: PERTAUTAN ANTARA MATEMATIKA DAN BUDAYA PADA MASYARAKAT MELAYU RIAU

Hasanuddin Hasanuddin

Abstract


Propinsi Riau dalam mempersiapkan diri untuk merealisasikan sebagai pusat kebudayaan Melayu dan pusat pertumbuhan ekonomi baru di kawasan Asia Tenggara. Oleh karena itu perlu dilakukan berbagai upaya strategis untuk merealisasikan cita-cita Riau sebagai pusat kebudayaan Melayu dan pusat pertumbuhan ekonomi baru. Salah satu upaya yang harus laksanakan yaitu  melakukan penggalian, pengembangan, dan pengenalan seluruh potensi budaya dan pariwisata yang terkandung dalam "rahim" Riau kepada seluruh lapisan masyarakat. Penggalian, pengembangan dan pengenalan potensi budaya melayu kami upayakan dalam bentuk penelitian eksplorasi ethnomatematika pada masyarakat melayu Riau.

Keywords


Etnomatematika

References


Abas, S. J. (2001). Islamic Geometrical Patterns for the Teaching of Mathematics of Symmetry. Symmetry: Culture and Science, 12(1–2), 53–65.

D’Ambrosio, U. (1985). Ethnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathematics. For the Learning of Mathematics, 5(1), 44–48.

D’Ambrosio, U. (2016). Ethnomathematics: Link between Traditions and Modernity. ROTTERDAM / TAIPEI: SENSE PUBLISHERS.

Embong, R., Maizan, N., Aziz, A., & Abd, Z. (2010). An Insight into the Mathematical Thinking of the Malay Songket Weavers. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5), 713–720. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2010.12.099

Gerdes, P. (2011). African Basketry: Interweaving Art and Mathematics in Mozambique. In Bridges Coimbra Mathematics, Music, Art, Architecture, Culture Conference Proceedings (pp. 9–16).

Hardy, G. H. (1940). A Mathematician’s Apology. Edmonotn, Canada: University of Alberta Mathematical Sciences Society.

Nuh, Z. M., & Dardiri. (2016). Etnomatematika dalam Sistem Pembilangan pada Masyarakat Melayu Riau. Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 19(2), 220–238.

Owens, K. (2012). Identity and Ethnomathematics Projects in Papua New Guinea An Ecocultural Pedagogy of Mathematics. In J. Dindyal, L. P. Cheng, & S. F. Ng (Eds.), Mathematics education: Expanding horizons (pp. 586–593). Singapore: Mathematics Education Research Group of Australasia Inc.

Prediger, S. (2003). Mathematics — Cultural Product or Epistemic Exception? In B. Lowe, V. Peckhaus, & T. Raasch (Eds.), The History of the Concept of the Formal Sciences Papers (pp. 217–232). Bonn.

Rachmawati, I. (2012). Eksplorasi Etnomatematika Masyarakat Sidoarjo. MATHUnesa, 1(1).

Rubio, J. S. (2016). The Ethnomathematics of the Kabihug Tribe in Jose Panganiban, Camarines Norte, Philippines. Malaysian Journal of Mathematical Sciences, 10, 211–231.

Sirate, S. F. S. (2011). Studi Kualitatif tentang Aktivitas Etnomatematika dalam Kehidupan Masyarakat Tolaki. LENTERA PENDIDIKAN, 14(2), 123–136.

Wilder, R. L. (1950). The Cultural Basis of Mathematics. In Proceedings International Congress of Mathematicians (pp. 258–271).

Zein, S. M. (2002). Etnomatematik Melayu. SARI: Jurnal Alam Dan Tamadun Melayu, 20, 97–112.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v14i2.4429

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

     

Published by:


Sosial Budaya (ISSN Print: 1979-2603|ISSN Online: 2407-1684)

LPPM UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sosialbudaya@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Sosial Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License