PERAN ORANG TUA DALAM PROSES AKSEPTABILITAS MASYARAKAT TERHADAP ANAK PENYANDANG TUNA GRAHITA DI KOTA YOGYAKARTA

Ratna Dewi, Zarkasih Zarkasih

Abstract


Penyandang tuna grahita sering mendapat perlakuan marginal dari masyarakat luas. Penelitian ini bertujuan meninjau bagaimana peran orang tua dalam proses akseptabilitas masyarakat terhadap anak-anak penyandang tuna grahita di kota Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan tinjauan rasionalitas Weber dalam melihat peran-peran yang dilakukan orang tua kepada anaknya yang menyandang tuna grahita. Dengan metode kualitatif melalui pendekatan fenomenologis peneliti melihat bahwa setiap orang tua mempunyai rasionalitas sendiri mengenai tindakan atau peran yang dilakukannya yang mengarah pada penerimaan masyarakat terhadap anaknya yang menyandang tuna grahita. Peran yang dilakukan oleh para orang tua itu tergantung pada sikap atau reaksi mereka terhadap kehadiran anaknya yang menyandang tuna grahita. Orang tua yang dapat menerima keadaan anaknya akan berusaha semaksimal mungkin untuk mendidik dan membawa anaknya beradaptasi dan melakukan interaksi sosial dengan masyarakat, sehingga masyarakat pun menjadi lebih mudah untuk menerima keadaan anak penyandang tuna grahita tersebut. Sebaliknya, orang tua yang sulit menerima kondisi anaknya yang menyandang tuna grahita, akan berusaha membatasi ruang gerak dan ruang interaksi sosial anak, sehingga masyarakat  pun cendrung sulit menerima keterbatasan dan kehadiran anak penyandang tuna grahita.

Keywords


akseptabilitas, tuna grahita, peran orang tua

Full Text:

PDF

References


Alimandan, 1986, Sosiologi ilmu berparadigma ganda, Jakarta, CV. Rajawali

Berger, Peter L, 1982, Piramida Kurban Musia: Etika Politik dan Perubahan Sosial, Jakarta, LP3ES

Bungin, Burhan. 2004. Metodologi Penelitian Sosial, Surabaya: Airlangga University Press.

Dirdjosisworo, Soedjono, 1985, Azas-azas Sosiologi, Bandung, Armico

Johnson, Doyle Paul, 1986, Teori Sosiologi Klasik dan Modern, terj. RMZ, Lawang, Jakarta, Gramedia

Hermanto, 1994, Lapora Praktek Lapangan (PPL) di SLB-C Negeri 1 BintaranYogyakarta, FIP IKIP Yogyakarta

Moleong, Lexy J. 1989, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, CV. Remaja Karya

_____________.1991, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung, CV. Remaja Karya

Mc. Iver, Robert dan Charles H. Page, 1981, Sosiologi, London, Mc. Millan & Co. Ltd

Robinson, Philip, 1986, Sosiologi Pendidikan, Jakarta, CV. Rajawali

Sarwono, Sarlito Wirawan, 1987, Masalah-masalah Kemasyarakatan di Indonesia, Jakarta, Pustaka Sinar Harapan

Sarwono, Sarlito Wirawan, 1984, Teori-teori Psikologi Sosial, Jakarta, CV. Rajawali

Suparlan, Y.B, 1983, Pengantar Pendidikan Anak Mental Subnormal, Jakarta, Pustaka Pengarang

Tatiana, 1997, Tuna Rungu dan Masyarakat, Yogyakarta, UGM

Vembriarto, St, 1981, Sosiologi Pendidikan, Yogyakarta, Paramita

Vredenbergt, Jacob, 1978, Metode dan Teknik Penelitian Masyarakat, Jakarta, Gramedia

Weber, Max, Max Weber: The theory of Sosial and Economic Organization, NewYork, The Free Press




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v14i2.4425

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by:

 

     

Published by:


Sosial Budaya (ISSN Print: 1979-2603|ISSN Online: 2407-1684)

LPPM UIN Suska Riau
Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sosialbudaya@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Sosial Budaya is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License