Integrasi Antaretnis (Studi Kasus di Kampung Kauman, Kecamatan Pasar Kliwon, Kota Surakarta)

Lani Kusuma Yuniati, Sigit Pranawa, Abdul Rahman

Abstract


Keberagaman latar belakang budaya dan etnis yang dimiliki oleh masyarakat Kampung Kauman menarik karena keunikannya dalam mencapai kehidupan yang integratif. Ke-6 etnis menunjukkan bentuk kerukunan dalam bermasyarakat. Perbedaan budaya yang dimiliki tidak menimbulkan konflik antaranggota masyarakat. Berdasarkan kondisi tersebut maka penelitian ini berfokus untuk menemukan wujud dan faktor yang melatarbelakangi adanya integrasi antaretnis di Kampung Kauman. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui  observasi partisipan, wawancara mendalam dan dokumentasi. Validitas data menggunakan triangulasi sumber serta teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menemukan bahwa integrasi antaretnis di Kampung Kauman terwujud melalui beberapa aspek yang meliputi aspek sosial, ekonomi, politik, dan budaya serta dilatarbelakangi oleh faktor-faktor sebagai pendukung dari terwujudnya integrasi. Menjunjung tinggi nilai toleransi menjadi faktor utama dalam mewujudkan kehidupan yang integratif antaranggota masyarakat.  

Kata Kunci: Integrasi Antaretnis, Masyarakat Heterogen, Kampung Kauman.


Full Text:

PDF

References


Hasbullah. (2018). Kehidupan Keberagamaan Masyarakat Suku Akit di Desa Sonde Kabupaten Kepulauan Meranti. Sosial Budaya, 15(1), 1–10.

Hendry, E. (2013). Integrasi Sosial Dalam Masyarakat Multi Etnik. Walisongo: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 21, 191–218.

Masduki. (2017). Toleransi di Masyarakat Plural Berbasis Budaya Lokal (Studi Kasus di Desa Klepu Kec.Sooko Kab.Ponorogo). Jurnal Sosial Budaya(14), 14-23.

Nasikun, J. (2015). Sistem Sosial Indonesia. Yogyakarta: Penerbit Ombak.

Nawing, K. (2015). Integrasi Sosial Masyarakat Kewargaan (Kajian pada Kelompok Tani) di Wilayah Pemukiman Transmigrasi Desa Penanda Kecamatan Pedongga Kabupaten Mamuju Utara. Jurnal Sosial, 1–22.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian Pendidikan Bahasa. Surakarta: Cakra Books.

Prasetyo, H. (2018). Wajah Kauman Surakarta. Surakarta: Suluh Media.

Rukmaya, T. (2016). Pemanfaatan Ruang Pada Sistem Setting dan Sistem Keagamaan di Kampung Kauman Surakarta. Universitas Gajah Mada.

Syamsiyah, N. (2018). Multikulturalisme Masyarakat Perkotaan (Studi Tentang Integrasi Sosial Antar Etnis di Kelurahan Nyamplungan, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya). Sosiologi Fisip Unair, 1–21.

Valentinus, G. (2019). Proses Integrasi Masyarakat Etnis Tionghoa di Kampung Dahlok Kabupaten Jember. Universitas Jember.

Khoirunnisa, Liana (2016, 15 Oktober). Makalah Masyarakat. Dikutip 3 Desember 2019 dari: https://www.academia.edu/31213601/MAKALAH_MASYARAKAT_SOCIETY_.docx




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v17i2.10755

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Center for Research and Community Development

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau 28293

Indexed By:

 

     

      

Statistik Pengunjung