Penentuan Kebijakan Persediaan Obat dengan Analisis ABC dan Continuous Review pada Klinik X

misra hartati

Abstract


Klinik X berada di jln Garuda Sakti KM 2 panam. awal didirikannya klinik ini di tujukan bagi masyarakat menengah kebawah dengan mengedepankan pelayanan yang baik terhadap pasien. Balai pengobatan Swasta berada dibawah naungan Dr X. Saat ini klnik tersebut memimiliki dokter umum 2 orang, 1 dokter gigi, 4 orang perawat, 2 orang apoteker. yang melayani masyarakat dengan program pelayanan rawat jalan dan kSonseling. Klinik belum mengklasifikasikan berdasarkan nilai pemakaian obat tersebut dalam pengendalian obatnya. Dalam melakukan pemesanan obat pada klinik tidak memperhatikan persediaan maksimum dan sisa persediaan yang ada. Tujuan dari penelitian ini adalah Mengetahui berapa jumlah persediaan yang harus di pesan agar tidak terjadi kelebihan atau kekurangan persediaan pada Klinik X. Penelitian ini diawali dengan pengklasifikasian obat menggunakan analisis ABC. Prioritas I merupakan obat kelas I, yang perhitungan kebijakan persediaannya menggunakan metode Continuous review (s,S), selanjutnya identifikasi pola data permintaan obat. Kemudian dipilih metode peramalan yang sesuai dengan pola data. Untuk menentukan tingkat akurasi kesalahan peramalan dengan membandingkan hasil peramalan dengan data aktual menggunakan nilai MAD dan MAPE terkecil. Berdasarkan hasil perhitungan dengan menggunakan metode probabilistik Continuous Review (s,S).

 

Kata kunci: Analisis ABC, Continuous Review (s,S), Obat, Persediaan, Peramalan

Full Text:

PDF

References


Fithri, Prima dan Sindikia, Annise. “Pengendalian Persediaan Pozzolan Di PT Semen Padang”.Jurnal Optimasi Sistem Industri, Vol. 13 No. 2, ISSN 2088-4842. Jurusan Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Andalas. Padang, 2014.

Ginting, Rosnani. “Sistem produksi”. Graha Ilmu, Yogyakarta, 2007.

Ishak, Aulia. “Manajemen Operasi”, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2010.

Khan Shashi, dkk. “KhanInventory Management of Drugs at a Secondary Level Hospital Associated with Ballabgarh HDSS- An Experience from North India”. Vol. 7, Issue.2 India Institute of Medical Sciences, New Delhi 110029, India 2015.

Lestari, Gema. “Analisis Pengendalian Persediaan Bahan Baku Daging Dan Ayam dengan Menggunakan Metode Economic Order Quantity (Eoq) Pada Restoran Steak Ranjang Bandung”. Vol.1, No.3, ISSN : 2355-9357. Ilmu Administrasi Bisnis, Universitas Telkom, Bandung. 2014.

Manahan, Tampubolon, P. “Manajemen Operasional”. Ghalia Indonesia, Jakarta. 2004.

Manahan, Tampubolon, P. “Manajemen Operasi dan Rantai Pemasok”. Mitra Wacana Media, Jakarta. 2014.

Nasution, A. H. “Manajemen Industri”. ANDI, Yogyakarta, 2005

Nur Bahagia, Senator. “Sistem Inventori”. Penerbit ITB, Bandung, 2006.

Sanjoyo, Raden. “Obat”. Lembaga Penerbit FMIPA Universitas Gajah Mada, Yogyakarta, 2014.

Sari, Purnama G. dkk. “Perencanaan Kebijakan Persediaan Obat Dengan Metode Continuous Review (S,S) Dan Metode Hybrid Sistem Untuk Meminimumkan Total Biaya Persediaan Studi Kasus” : Klinik Medika 24. Vol.2, No.2 ISSN : 2355-9365. Universitas Telkom, Bandung. 2015.

Sobandi, A, Koesmawan dan Kosasih, Sobarsa. “Manajemen Operasi Bagian Kedua”. Mitra Wacana Media, Jakarta. 2014


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id