KLASIFIKASI KELUARGA MISKIN MENGGUNAKAN METODE K-NEAREST NEIGHBOR BERBASIS EUCLIDEAN DISTANCE

fitra kurnia

Abstract


Kemiskinan merupakan salah satu tantangan terbesar yang akan terus dihadapi semua bangsa termasuk Indonesia. Sesuai amanat konstitusi yang tertuang dalam pasal 34 Undang Undang Dasar 1945 maka pemerintah terus berupaya melindungi dan memberdayakan masyarakat miskin melalui berbagai program strategis. Salah satu problem utama yang sering menghambat suksesnya program pemerintah tersebut adalah ketersediaan data sasaran masyarakat miskin yang sesuai. Hal ini menyebabkan program pemerintah tidak berjalan secara maksimal karena perlu verifikasi dan validasi ulang. Penelitian ini bertujuan untuk merancang aplikasi yang dapat melakukan klasifikasi keluarga miskin menggunakan Algoritma  K-NN dengan empat indikator utamanya adalah Nomor Kartu Keluarga, jumlah anggota keluarga, jenis pekerjaan dan penghasilan bulanan. Klasifikasi ini menyediakan data keluarga miskin yang sesuai untuk menerima berbagai bantuan program pemerintah, misalnya Program Keluarga Harapan dari Kementrian Sosial. Prinsip kerja K-Nearest Neighbor (K-NN) adalah mencari jarak terdekat antara data yang akan dievaluasi dengan K-Nearest Neighbor(K-NN) terdekatnya dalam data pelatihan. Euclidean distance digunakan sebagai referensi mencari jarak terdekat.  Tingkat akurasi tertinggi menggunakan 100 contoh data penelitian dengan perbandingan 90:10, dengan  nilai K=5, K=7 dan K=9 adalah sebesar 90%. 

Kata kunci: Akurasi, Data Mining, Euclidean distance, Klasifikasi, K-Nearest Neighbor

Full Text:

PDF

References


Turban, Efraim, et al. 2005. Decision Support Systems and Intelligent Systems 7th Ed. New Jersey : Pearson Education.

Wu, X, etc•. Top 10 algorithms in data mining, 2008. J.Knowledge Inf Syst 14:1– 37. Springer-Verlag.

Subairi, Rahmadwati, dan Erni Yudaningtyas, Implementasi Metode k Nearest Neighbor pada Pengenalan Pola Tekstur Citra Saliva untuk Deteksi Ovulasi,Jurnal EECCIS Vol. 12, No. 1, April 2018,hlm 9 -14.

Idham Triatmaja, Nurul Hidayat, Moch. Cholil Mahfud, Sistem Diagnosis Penyakit Sapi Menggunakan Metode Neighbor Weighted K-Nearest Neighbor Berbasis Android, Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer,Vol. 2, No. 8, Agustus 2018, hlm. 2944-2946.

Yusra, Dhita Olivita, Yelfi Vitriani, Perbandingan Klasifikasi Tugas Akhir Mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Menggunakan Metode Naïve Bayes Classifier dan K-Nearest Neighbor, Jurnal Sains, Teknologi dan Industri, Vol. 14, No. 1, Desember 2016, hlm 79 – 85.

Kusrini & Emha, T. (2009). Algoritma Data Mining. Yogyakarta: Andi Offset.

Agusta, Y. (2007). K-Means – Penerapan, Permasalahan dan Metode Terkait. Jurnal Sistem dan Informatika Volume.3, Hal 47-60.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id